Terasa pegal di daerah pangkal lengan dan telapak tangan juga mati rasa sebelah kanan

DP Info Penanya: DP, Wanita, 53 Tahun
Saya wanita berumur 53 thun, saya sering merasa pegal yg sangat di daerah pangkal lengan, telapak tgan juga terasa mati rasa sebelah kanan. Walaupun tidak beraktifitas tetap merasa pegal ditangan. Tolong dok solusinya, obat apa yg harus saya mnum, dan makanan minuman yg harus saya hindari.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang DP,

Keluhan pada lengan Anda dapat timbul karena beberapa gangguan pada struktur lengan, mulai dari tulang, ligamen, tendon, otot, persarafan ataupun jaringan pendukung lain. Bisa disebabkan karena aktivitas fisik sehari-hari, cedera, trauma atau benturan, mengalami peradangan sendi, frozen shoulder ataupun penyebab lain. 

Jika keluhan dirasa mengganggu sampai membuat pergerakan sendi berkurang baik digerakkan secara aktif atau pasif, menimbulkan nyeri, rasa kesemutan ataupun pembengkakan maka perlu untuk segera diperiksakan. Upayakan mengistirahatkan lengan yang nyeri, hindari aktivitas fisik berat dan berulang menggunakan tangan dan lengan yang nyeri seperti misalnya menulis, mengetik, mengangkat beban ataupun juga aktivitas lain. Gunakan penyangga bahu untuk mengurangi beban sehingga nyeri bisa berkurang, bisa juga dilakukan kompres pada bagian yang nyeri dengan kompres dingin atau hangat.

Jika tidak ada perbaikan maka bisa dilakukan pemeriksaan pada dokter spesialis saraf untuk memastikan penyebabnya nantinya akan dilakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan tambahan seperti lab darah, foto rontgen, USG ataupun pemindaian dengan MRI jika diperlukan. Untuk sementara juga bisa mengonsumsi pereda nyeri seperti paracetamol ataupun obat oles. Untuk makanan sendiri sementara tidak ada pantangan sampai ditemukan kelainan pada pemeriksaan, bisa mengonsumsi lebih banyak sayur dan buah yang kaya vitamin B kompleks yang baik bagi persarafan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gangguan sistem saraf pusat dapat memicu terjadinya kesemutan di kepala

Jangan Sepelekan Kesemutan di Kepala, Ini Alasannya

Kesemutan di kepala terjadi karena adanya gangguan pada sistem saraf pusat. Penyebabnya adalah stres, migrain, diabetes, stroke, sinusitis dan lainnya.