Terasa dada seperti ditekan apa penyebabnya?

B Info Penanya: B, Pria, 21 Tahun
Saya mau nanya dok, dada kiri dan dada kanan saya terasa nyut2an dan kaaya diteken2 gitu, tenggorokan pun bikin terasa mau batuk2.Mohon di bantu jawab dok. Makasih ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang B,

Nyeri dada adalah keluhan yang bisa timbul mulai dari sesak napas, dada seperti tertekan, dada seperti terbakar ataupun beragam sensasi lainnya. Kondisi nyeri dada ini bisa timbul karena beberapa kemungkinan penyebab seperti:

  • Adanya benturan pada area dada
  • Gangguan jantung
  • Gangguan pencernaan seperti asam lambung/GERD atau penyakit maag
  • Gangguan pernapasan
  • Rasa cemas atau serangan panik
  • Penyebab lainnya

Untuk itu bisa dilakukan beberapa cara untuk membantu meredakan keluhan yang timbul seperti diantaranya adalah menenangkan diri, mengatur pernapasan, mengonsumsi obat maag seperti antasida, mengonsumsi obat pereda nyeri seperti parasetamol dan juga memeriksakan diri jika keluhan terasa bertambah berat.

Penting juga untuk mencari tahu pemicunya, memperhatikan gejala lain yang timbul seperti misalnya ada tidaknya batuk, mual, muntah, demam, keringat dingin ataupun gejala lain.

Hal ini penting untuk membantu dokter menentukan pemeriksaan selanjutnya dan menentukan penyebabnya. Nantinya bisa dilakukan pemeriksaan fisik dan juga pemeriksaan tambahan seperti USG, rekam jantung ataupun pemeriksaan rontgen jika diperlukan.

Upayakan juga menjaga pola hidup sehari-hari seperti menjaga pola makan dan asupan makan, hindari kebiasaan seperti merokok, dan juga rutin berolahraga untuk bisa mencegah keluhan tidak kambuh. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Lidah tertelan sering dihubungkan dengan kejang

Meluruskan Mitos Lidah Tertelan dan Hubungannya dengan Kejang Epilepsi

Istilah lidah tertelan sering dikaitkan dengan penyakit epilepsi atau ayan. Disebut bahwa keluhan kejang epilepsi dapat menyebabkan lidah seseorang tertelan. Benarkah pendapat ini?