Terasa nyeri pada ulu hati, apakah berbahaya?

SA Info Penanya: SA, Wanita, 1 Tahun
Hai dokter. Saya sudah beberapa hari ini sering merasakan nyeri pada area ulu hati. Terutama saat menjelang sore. Kira-kira penyebabnya apa ya dok? Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, S.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Nyeri ulu hati merupakan gejala dari dispepsia. Keadaan ini sangat tidak nyaman dan mengganggu aktivitas sehari-hari. Ada beberapa penyakit yang menyebabkan gejala nyeri ulu hati. Selain karena penyakit, obat-obatan dan gaya hidup juga bisa menyebabkan gejala ini. 

Penyakit yang menyebabkan nyeri di ulu hati, yaitu:

  • Tukak lambung atau ulkus peptikum.
  • GERD atau refluks lambung.
  • Irritable bowel syndrome. 
  • Pankreatitis atau kolesistitis.
  • Penyakit jantung koroner. 

Sedangkan obat-obatan yang bisa menyebabkan nyeri ulu hati yaitu obat antinyeri dan antibiotik. Nyeri ulu hati yang disebabkan oleh gaya hidup yaitu pola makan (alkohol, minuman yang mengandung kafein, soda, makanan yang pedas, asam, berlemak), merokok, dan stres.

Untuk memastikan penyebab dari nyeri ulu hati yang Anda rasakan ini, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke dokter spesialis penyakit dalam agar dapat diperiksa lebih lanjut dan diberikan terapi yang tepat. Untuk mengurangi gejala ini, Anda bisa mengkonsumsi obat-obatan lambung seperti antasida, golongan PPI, dll. Selain itu, bisa juga dibantu dengan mengkonsumsi jahe dan teh camommile, kompres dengan air hangat di daerah yang nyeri, perbanyak konsumsi air hangat, dan hindari makanan yang asam, pedas, berminyak.

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sebaiknya bawalah suplemen vitamin C ketika mudik untuk meningkatkan daya tahan tubuh

Tips Sehat Saat Mudik, Ini Daftar Obat yang Perlu Dibawa

Persiapkan obat-obatan ketika mudik. Daftar obat yang perlu dibawa yaitu obat mual, obat demam, suplemen vitamin C, obat untuk pencernaan dan obat maag.