03 Nov 2020, 00:30Kulit & Kelamin

Benjol dan ngilu pada vagina, Apa penyebabnya?

AP
Info Penanya: AP, Wanita0
Dok saya berumur 17 th, akhir² ini vagina saya terasa ngilu seperti habis kepentok benda, padahal saya tidak pernah terpentok benda di area vagina tetapi rasanya seperti sedang memar, dan setelah saya rabah di bagian mons pubis bagian kiri seperti ada jendolan bulet kecil, yg jika tersentuh rasanya seperti sedang memar, kira kira itu knpa ya dok? Apakah berbahaya atau tidak?
556 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat siang, APTerima kasih atas pertanyaannya.Benjolan pada vagina dapat disebabkan oleh banyak hal.  Terkadang akan disertai rasa nyeri ataupun tidak nyaman pada bagian vagina.  Beberapa kondisi tidak berbahaya dan dapat hilang dengan sendirinya namun ada beberapa kondisi yang memerlukan pemeriksaan lanjutan.

Penyebab adanya benjolan di vagina :

  • Kista
    Kista dapat muncul di bibi vagina atau di vagina itu sendiri.  Benjolan ini tidak terasa sakit namun apabila bertambah besar kemungkinan akan menimbulkan rasa tidak nyaman.  Jika sakit sudah ditambah rasa panas, ngilu kemungkinan pula sudah terjadi infeksi pada kista tersebut. 
  • Lipoma
    Benjolan kelenjar lemak ini dapat timbul dimana saja tanpa disertai rasa sakit.  Jika semakin membesar hanya akan merasa tidak nyaman saat duduk atau berhubungan intim.
  • Tumbuh daging atau kulit
    Kadang pada bibir vagina dapat tumbuh kulit atau daging lebih sehingga akan teraba benjolan.  Benjolan ini tidak berbahaya dan tidak menimbulkan rasa apapun.  Namun jika menganggu perlu dilakukan tindakan.
  • Herpes
    Akan muncul plenting kecil yang menyebar dan menyebabkan rasa panas dan demam pada penderita.  Herpes disebabkan infeksi virus yang menular melalui hubungan seksual atau air yang terkontaminasi.
  • Kutil kelamin
    Infeksi virus yang ditularkan melalui seksual.  Awal hanya berupa bentol kecil namun akan berkumpul dan membentuk benjolan seperti kembang kol.
Banyaknya penyebab dari benjolan yang anda rasakan, ada baiknya diperiksa ke dokter kulit dan kelamin guna mengetahui penyebab pasti dari benjolan tersebut.  Sementara ini anda bisa memberikan kompres hangat pada daerah benjolan untuk mengurangi rasa ngilu. Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
herpeskutil kelaminbenjolan lipomakista bartholinskin tag
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil