Nyeri lutut pasca operasi. Apakah normal?

MS Info Penanya: MS, Pria, 24 Tahun
assalamualaikum, saya baru saja mengalami kecelakaan bulan lallu dan diharuskan untuk operasi penyambungan tulang paha, yang saya pertanyakan apakah wajar terasa agak ngilu di sendi lutut, dan agak terasa berat pada paha kiri saya? trimakasih syaa menjalani operasi pada tanggal 26 maret 2020
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, MS.

Terimakasih atas pertanyaannya.

Fase pemulihan berbeda-beda setiap orang pasca operasi bagian paha. Biasanya membutuhkan 3-6 bulan untuk pulih, beberapa orang bahkan bisa lebih lama jika patah tulangnya parah atau pecah menjadi beberapa bagian. 

Rasa nyeri ataupun ngilu setelah operasi merupakan bagian alami dari proses penyembuhan. Dokter biasanya memberikan obat pereda nyeri untuk mengatasi rasa sakit. Selain itu dokter juga biasanya menganjurkan agar Anda dapat melakukan terapi fisik atau fisioterapi supaya Anda tidak kehilangan kekuatan otot pasca cedera dan membantu memulihkan fleksibilitas otot serta sendi. Terapi fisik ini juga dapat membantuk mengatasi rasa sakit setelah operasi.

Selain itu, Anda juga harus memperbanyak istirahat, gunakan kompres es pada area yang sakit, gunakan perban, dan jaga posisi lutut agar tetap tinggi. Konsultasikan ke dokter, jika keluhan yang dirasakan nyeri terus menerus disertai pembengkakan, teraba hangat, serta sulit untuk digerakkan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat

dr. Reni Utari

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tulang jari tangan penting dalam membentuk tangan manusia

Apa Fungsi Tulang Jari Tangan?

Fungsi tulang jari tangan bukan hanya untuk menggerakkan jemari. Faktanya, jemari tangan Anda digerakkan oleh tarikan otot yang berada di tendon lengan bagian bawah. Lantas, apa fungsi lain tulang jari tangan?