Seperti ada yang jalan di kepala apa penyebabnya?

AN* Info Penanya: AN*, Pria, 1 Tahun
Dok saya merasakan ada yang jalan di kepala TerusSaya cek " di Gogle Ada yang sama persis Gejalanya Namanya Myiasis Penjelasan nya Telur larva yng masuk ke dalam kulit Cuma saya Merasakan ada yang aneh dok Yang saya rasakan Pergerakan nya cepat apa kah itu myiasis atau bukan ya dok mohon di Bantu ya dok Terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang Y,

Myiasis adalah kondisi dimana ditemukan larva dari lalat pada jaringan tubuh, termasuk kulit kepala. Adanya larva ini akan menimbulkan keluhan gatal seperti ada yang berjalan-jalan pada kulit kepala.

Namun juga perlu dipahami ada penyebab lain yang bisa menimbulkan sensasi ada benda yang bergerak di kepala seperti saraf kepala yang terjepit atau aliran darah di pembuluh darah otak yang kurang lancar. Atau adanya faktor psikis akan beban masalah yang berat akan menimbulkan keluhan-keluhan yang tidak jelas penyebabnya.

Selain itu keluhan juga bisa disebabkan oleh adanya kutu rambut. Biasanya akan tampak telur-telur berupa bintik-bintik putih kecil di rambut.

Yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi keluhan tersebut adalah:

  • Pastikan untuk mencuci rambut secara teratur, dan gunakan shampoo yang mengandung sulfur, zink agar tidak berketombe.
  • Usahakan agar kulit kepala tidak lembab.
  • Minum air putih yang banyak.
  • Gunakan sisir serit bila tampak ada telur kutu di rambut.

Bila keluhan sudah berlangsung 1 minggu lebih, sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan ke dokter kulit untuk penanganan lebih lanjut.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Masalah kulit kepala ketombe bisa disebabkan reaksi sampo tertentu atau jamur di kulit kepala.

Kulit Kepala: 5 Masalah Umum, Penyebab dan, Cara Mengatasinya

Masalah kulit salah satunya kulit kepala disebabkan oleh higienitas atau genetik. Masalah kulit itu berbagai jenis, mulai dari kulit kepala kering, ketombe hingga kutu rambut.