Terapi yang tepat saat sakit tulang bagian corpus

RZ Info Penanya: RZ, Pria, 35 Tahun
Ass.wr.wb dok, saya merasa sakit tulang di Bagian Corpus VL 3-4, rasanya nyeri dan ditemukan benjolan di tulang belakang saya. Terapi yang tepat saya lakukan apa ya dok? Terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, G.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Sakit tulang punggung dapat terasa pada sepanjang tulang punggung, mulai dari leher bagian belakang hingga sepanjang punggung dan panggul. Keluhan sakit ini dapat terjadi pada siapa saja dan disebbakan oleh berbagai faktor yang dapat berbeda pada setiap individu yang merasaknnya.

Berikut beberapa penyebab dari sakit tulang punggung yang umum terjadi :

  • Permasalahan pada otot atau sambungan antar tulang (ligamen)
  • Permasalahan pada bantalan tulang
  • Adanya radang sendi
  • Kelainan struktur tulang belakang
  • Adanya pengeroposan atau pengapuran pada tulang punggung

Pada umumnya gejala yang dirasakan meliputi :

  • Nyeri seperti ditusuk-tusuk
  • Rasa kaku
  • Adanya nyeri yang menjalar hingga ke kaki
  • Sulit berdiri tegak
  • Nyeri pada posisi tertentu seperti saat duduk

Terkait dengan keluhan sakit tulang punggung Anda yang dirasakan di daerah lumbal 3-4 dan disertai adanya benjolan, mungkin terjadi karena adanya permasalahan pada bantalan tulang, infeksi tuberkulosis (TBC) pada tulang dan penyebab lainnya yang belum dapat dipastikan. Agar penyebab dan diagnosis dapat diketahui secara akurat, sebaiknya diperiksakan ke dokter Spesialis Ortopedi untuk terlebih dahulu mengetahui struktur tulang belakang Anda. Apabila memang terdapat gangguan pada bantalan tulang, dokter mungkin akan menyarankan tindakan operasi dan apabila disebabkan oleh infeksi TBC maka perlu dilakukan pengobatan TBC terlebih dahulu hingga tuntas yaitu diberikan obat antituberkulosis, kemudian dokter akan menyarankan prosedur operasi.

Untuk sempentara jika nyeri mengganggu aktivitas Anda dapat mengonsumsi obat pereda nyeri bergolongan asetaminofen, mengonssmsi air rebusan kunyit dan mengompres bagian yang nyeri dengan kompres hangat dan kompres dingin secara bergantian. Anda juga dapat menggunakan gel capcaisin sebagai obat topikal. 

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Fungsi tulang dada adalah untuk membantu pernapasan

Mengenal Fungsi Tulang Dada yang Melindungi Organ Penting Anda

Fungsi tulang dada cukup berperan saat melindungi organ vital tubuh Anda. Mulai dari jantung, paru-paru, hingga tulang rawan, juga dilindungi oleh tulang dada.