terapi pendegaran selama seminggu

WM Info Penanya: WM, Pria, 2019 Tahun
Dok, mau tanya saya kn tahap terapi pendengar saya dok selama seminggu larangan apa yg gak boleh di lakukan dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi WM

Pada seseorang dengan gangguan pendengaran terjadi akibat beberapa hal seperti gangguan  pendengaran akibat tidak masukknya suara ke dari daun telinga ke lingan telinga hingga ketelinga bagian dalam, hal tersebut disebut tuli konduksi. Biasanya disebabkan oleh infeksi bagian dalam dan liang telinga, bisul, serumen atau kotoran telinga, pecahnya gendang telinga. 

Kondisi gangguan pendengaran lain juga disebabkan kerukanan saraf pada bagian telinga akibat beberapa hal seperti penuaan, stroke, tumor. 

Untuk tatalaksana gangguan pendengaran didasarkan pada penyebab utamanya, apabila ada infeksi bakteri seperti bisul, otitis/infeksi telinga maka harus di berikan antibiotik agar peradangan sumber infeksi yang menghambat jalan masuk ke telinga dapat hilang, jika terdapat hambatan serumen kotoran telinga maka harus di keluarkan, jika terdapat infeksi berat telinga bagian dalam dan gendang telinga yang pecah maka dapat dipertimbangkan untuk tindakan bedah.

Jika masalah pendengaran akibat proses penuaan dapat di pertimbangkan penggunaan alat bantu dengar.

Saya sarankan anda untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis THT-KL untuk mendapatkan terapi spesifik yang benar terhadap masalah gangguan telinga yang anda alami. 

Salam sehat

dr.Zulham

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Arti telinga berdenging sebelah kanan bukanlah penyakit, tapi bisa jadi pertanda penyakit tertentu

Bukan Karena Pertanda, Ini Arti Telinga Berdenging Sebelah Kanan

Telinga berdenging sebelah kanan adalah pertanda adanya masalah kesehatan lain yang lebih serius di telinga dan bukan sesuatu yang mistis atau firasat tertentu. Secara medis, kondisi telinga berdenging itu disebut tinnitus. Ada beberapa pengobatan untuk menyembuhkan telinga berdenging, seperti kerusakan telinga tengah, tumor otak, trauma dsb.