terapi hormon setelah pengankatan kanker tiroid

IF Info Penanya: IF, Wanita, 2019 Tahun
Dokter saya mau tanya ,saya kena kanker tiroid dan tiroid saya sdh di angkat 1 kemudian saya di kasih obat hormon trs sampai kapankah saya harus minum obat hormon dan bisa bertahan hidup dengan sehat tidak apabila saya mempunyai 1 kelenjar tiroid tampa minum obat hormon tiroid.terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi IF

Pasca operasi pengangkatan kelenjar tiroid pada kanker tiroid biasanya menyebabkan tubuh tidak menghasilkan hormon tiroid/ tyroxin lagi, untuk itu pemberian terapi hormoni biasanya dimulai segera setelah operasi, pemberian terapi hormon ini harus mendapatkan evaluasi secara klinis dan dengan mengukur kadar  hormone TSH dalam enam minggu. 

Target terapi yang ingin dicapai dengan pemberian hormon tiroid / T4 adalah mengembalikan dan mempertahankan keadaan euthyroid atau fungsi kelenjar gondok dalam keadaan normal. 

Dengan hanya memiliki 1 kelenjar tiroid maka tubuh membutuhkan asupan tambahan hormon tiroid agar metabolisme tubuh tidak terganggu. Pemantauan selama terapi hormon tiroid harus dilakukan agar tidak terjadi komplikasi.

Saya sarankan agar anda kembali berkonsultasi dengan dokter bedah onkologi dan dokter spesialis penyakit dalam yang memberikan terapi untuk anda. 

Salam sehat

dr.Zulham

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salah satu cara diagnosis hipertiroidisme adalah dengan usg leher

Hipertiroidisme adalah Salah Satu Penyakit yang Bisa Membuat Leher Bengkak

Hipertiroidisme adalah penyakit yang disebabkan tingginya kadar hormon tiroid dalam tubuh. Faktor genetik berperan dalam timbulnya penyakit ini, dan deteksi dini serta penanganan yang tepat akan membuat kualitas hidup penderita lebih baik.