Terapi gelombang kejut dapat membantu penyembuhan setelah operasi tulang

IP Info Penanya: IP, Pria, 2019 Tahun
Dokter, apa benar terapi gelombang kejut bisa mempercepat penyembuhan setelah operasi tulang? di Jawa Timur ada di RS mana & tarif terapinya berapa ya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi IP,

Operasi tulang dapat dilakukan karena beberapa penyebab seperti misalnya karena tulang yang patah, adanya tumor, adanya keganasan pada tulang dan penyebab lain. Pada patah tulang dan dilakukan operasi seperti misalnya pemasnagan pen maka paska operasi diperlukan beberapa waktu untuk tulang bisa menyambung kembali dan nantinya juga akan dilakukan latihan secara bertahap untuk mengembalikan kekuatannya agar bisa seperti semula.

Terapi kejut listrik yang Anda maksudkan mungkin adalah terapi listrik yang digunakan pada fisioterapi atau rehabilitasi medik. Jenisnya sendiri beragam seperti transcutaneus electrical nerve stimulation (TENS), Percutaneus electrical nerve stimulation (PENS), repetitive transcranial magnetic stimulation (rTMS) atau teknik lainnya yang bertujuan untuk menstimulasi saraf dan mengurangi sakit. 

Fasilitas fisioterapis sendiri sudah ada di berbagai rumah sakit dimana Anda bisa berkonsultasi dan memeriksakan diri terlebih dahulu pada dokter spesialis rehabilitasi medis untuk penanganan yang sesuai dengan kondisi Anda. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Jumlah tulang manusia di tubuh dapat berubah seiring bertambahnya usia

Sebenarnya, Berapa Jumlah Tulang Manusia?

Jumlah tulang manusia, ternyata lebih banyak dari yang dibayangkan. Jumlah tulang pada orang dewasa dan bayi pun ternyata berbeda cukup jauh. Bayi memiliki sekitar 50% lebih banyak tulang dibandingkan orang dewasa.