Terapi batuk berdahak pada batita?

RO Info Penanya: RO, Wanita, 2019 Tahun
Dok, saya mau tanya.. Anak saya usia 25 bulan. Keluhan batuk berdahak.. Tp dia alergi ambroxol. Kira2 obat ya yg bagus.. Merk dagang ny ap yg tdk mengandung ambroxol.. Terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, RO

Batuk berdahak pada anak yang masih kecil pasti sangat mengganggu. Terapinya bermacam-macam dari obat sirup, obat tetes atau obat inhalasi. Banyak produk yang tersedia dan tidak mengandung ambroxol. Untuk terapi lebih lanjut sebaiknya anda periksa dengan Dokter Spesialis Anak.

Beberapa tips yang dapat anda lakukan di rumah :

1. Tingkatkan asupan cairan. Semakin banyak cairan yang diminum akan menipiskan kentalnya dahak sehingga mudah untuk dibatukkan. Cairan hangat seperti coklat atau sup dapat juga meringankan nyeri di tenggorokan.

2. Sedikit Madu. Berikan setengah sendok teh sebelum tidur, untuk meringankan nyeri tenggorokan dan batuk. Pada bayi dibawah satu tahun tidak boleh diberikan madu karena dapat membuatnya sakit lebih berat.

3. Gunakan bantal agar posisi kepala lebih tinggi untuk membantunya bernafas lebih baik

4. Gunakan pelembab ruangan, agar udara lebih mudah dihirup. Jangan lupa dibersihkan secara teratur untuk mencegah jamur.

5. Berikan makanan lunak. Seringkali penyebab batuk adalah nyeri tenggorokan. 

Semoga penjelasan saya bermanfaat.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tetanus neonatorum sering terjadi di negara berkembang akibat persalinan yang kurang steril.

Apa Saja Gejala Tetanus pada Bayi?

Tetanus pada bayi umumnya terjadi akibat proses persalinan yang kurang steril dan ibu yang tidak mendapat vaksin tetanus saat proses kehamilan. Toksin bakteri tetanus banyak ditemukan di tanah dan dapat bertahan selama kurang lebih 40 tahun. Upaya pencegahan yang disarankan adalah pemberian vaksin tetanus pertama saat bayi berusia 6 minggu. Kenali gejala-gejala tetanus sebagai antisipasi.