Tepi bibir kering, bagaimana solusinya?

M Info Penanya: M, Wanita, 19 Tahun
Selamat pagi dok. Saya mau bertanya.. Apa penyebab bibir kering terutama dibagian tepi.. Dan apa solusinya? Terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, M

Terima kasih atas pertanyaannya.

Bibir kering disebabkan beberapa faktor termasuk cuaca, banyak menjilat bibir, atau menggunakan obat tertentu. Pada kasus berat bisa akibat infeksi dan memerlukan pemeriksaan dengan dokter.

Beda dengan bagian kulit lain, bibir tidak memiliki kelenjar minyak sehingga mudah menjadi kering dan pecah-pecah. Terutama bila kurang pelembab, bisa akibat cuaca seperti terlalu lama terpapar matahari atau kurang perawatan diri. Jika terlalu banyak dijilat atau dibahasi air liur malah akan membuat bibir semakin kering. Faktor lainnya seperti penggunaan obat-obatan juga bisa membuat bibir kering. Kekurangan gizi atau kurang cairan tentu bisa membuat bibir kering.

Bila ada gejala lain seperti bibir berwarna merah atau gelap, luka-luka atau plak putih. Sebaiknya memeriksakan diri ke Dokter Spesialis Kulit untuk tatalaksana selanjutnya. Penanganan awal menggunakan lip balm, banyak minum air putih, hindari cahaya matahari atau udara dingin dari ac. Anda bisa juga membaca artikel mengenai penanganan bibir kering secara alami.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Selama kehamilan, salah satu sumber nutrisi yang dianjurkan untuk dikonsumsi adalah susu untuk ibu hamil.

Manfaat dan Berbagai Jenis Susu Ibu Hamil

Asupan kalsium diperlukan selama kehamilan untuk memenuhi kebutuhan mineral bayi. Wanita yang melahirkan ketika berusia 19 tahun atau lebih tua, membutuhkan setidaknya 1.000 mg kalsium.