Bagaimana cara mengobati VSD?

AN* Info Penanya: AN*, Wanita, 2020 Tahun
Dok ,, sya fitri umur sy 27 thunKurang dr 1 tahun ini sya cek k rmh skit Sya mengalami skit VSD dengan ukuran 0,8Terus yg sy mw tanyakan Apa cra pengobatinya harus di operasi dok ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang F,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Ventricular Septal Defect (VSD) adalah kelainan pada jantung yang ditandai adanya celah atau lubang pada bilik jantung. Pad kondisi normal, seharusnya tidak ada lubang atau celah di antara kedua bilik jantung. Gejala yang biasa dirasakan Kelelahan, sesak nafas, atau sakit dada, anemia, denyut jantung yang abnormal, sulit menaikan berat badan.

VSD pada umumnya terjadi karena faktor bawaan. Namun VSD dapat dicegah dengan menjalani gaya hidup sehat seperti selama hamil melakukan pemeriksaan secara rutin, menjalani diet seimbang dengan mengkonsumsi makanan bergizi dan bernutrisi, melakukan olhraga secara teratur, tidak merokok, konsumsi alkohol, dan mencegah infeksi dengan melakukan vaksinasi sebelum kehamilan.

VSD yang berukuran kecil tidak memerlukan operasi untuk menutup lubang, namun yang berukuran sedang hingga besar dan menimbulkan gejala maka operasi menjadi jalan terbaik untuk kondisi ini. beberapa pilihan operasi yang bisa dilakukan seperti operasi jantung terbuka, kateririsasi, dan hybrid. Untuk menentukan terapi yang tepat untuk Anda sebaiknya di konsultasikan lebih lanjut ke dokter spesialis jantung.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salah satu putra terbaik bangsa, B. J. Habibie, meninggal dunia pada Rabu malam

Penjelasan Dokter Mengenai Penyakit Jantung yang Pernah Dialami Habibie

Indonesia tengah berduka. Salah satu putra terbaik bangsa, B. J. Habibie (Presiden ke-3 Indonesia), meninggal dunia pada Rabu malam (11/09). Sebelumnya, kondisi Habibie memang dikabarkan tengah menurun, bahkan ia pernah mengalami kebocoran klep jantung, yang merupakan salah satu bentuk dari penyakit jantung.