Terlambat haid apa sedang hamil?

RC Info Penanya: RC, Wanita, 1 Tahun
Dok saya mau bertanya kemaren saya mens tanggal 31juli dua ribu dua puluh dok dan berakhir tanggal 7 agustus dua ribu dua puluh dok terus saya berhubungan intim 5 hari sesudah mens dok dan sampai sekarang saya belum mens dok apakah saya hamil dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi RC,

Siklus haid wanita rata-rata berlangsung setiap 28 hari sekali, namun bila masih dalam rentang 21-35 hari maka masih dianggap normal. Dan siklus haid ini bisa maju atau mundur dipengaruhi banyak hal, bukan hanya faktor kehamilan saja.

Bila Anda haid terakhir tanggal 31 Juli sampai 7 Agustus 2020, dan melakukan hubungan seksual di tanggal 12 Agustus, maka bila dianggap Anda memiliki siklus haid 28 hari sekali, artinya Anda berhubungan seksual di masa subur Anda. Karena diperkirakan masa subur Anda ada di tanggal 12-16 Agustus.

Bila Anda berhubungan seksual di masa subur, maka lebih besar kemungkinan terjadinya kehamilan, sehingga Anda perlu melakukan tes pack untuk memastikan sedang hamil atau tidak.

Namun ada beberapa aturan saat melakukan tes pack yakni:

  • Lakukan tes pack kalau sudah 1 minggu terlambat haid.
  • Gunakan urin pagi yang pertama kali keluar saat bangun tidur pagi.
  • Segera baca hasil tes pack sesuai petunjuk pemakaiannya, karena urin yang dibiarkan terlalu lama akan menguap dan memberikan gambaran seolah-olah positif.

Selama menunggu waktu untuk tes pack, pastikan banyak makan sayur, buah, minum suplemen asam folat dan omega 3, minum air putih yang banyak, serta cukup istirahat. Bila hasilnya positif, maka lakukan pemeriksaan USG ke dokter kandungan untuk lebih memastikannya.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Antenatal care atau pemeriksaan ANC adalah rangkaian program pelayanan kesehatan untuk ibu hamil

Antenatal Care, Pemeriksaan ANC Penting Bagi Ibu Hamil dan Janin

Antenatal care atau pemeriksaan ANC adalah rangkaian program pelayanan kesehatan untuk ibu hamil. Di Indonesia, rumus antenatal care disebut “10 T” dan telah dirilis sejak tahun 2009. Sama seperti manfaat USG, rangkaian pemeriksaan ANC ini penting untuk memastikan ibu hamil dan janin berkembang sesuai usia kehamilannya.