Terlambat menstruasi apakah hamil?

A Info Penanya: A
Slamt mlm mau tanya dok saya dan istri saya berhubungan intim setelah dia mens, trus sudah satu bulan setengah dia tida mens.apakah dia hamil..??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi A,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Siklus menstruasi yang normal biasanya setiap 21-35 hari sekali. Terlambat atau telat haid sebenarnya masih merupakan kondisi normal. Siklus haid tidak selalu pasti datang tepat waktu setiap bulannya. Kadang haid bisa lebih awal atau telat dari biasanya.

Namun jika terlambat haid Anda berlangsung lebih lama, bisa salah satu dari kondisi di bawah ini :

  1. Kehamilan
    Gejala kehamilan yang biasa muncul adalah timbul bercak cokelat, mual, payudara nyeri dan bengkak dan mudah lelah.
  2. Stress
    Saat stress mempengaruhi produksi hormon kortisol yang berlebihan ini dapat memengaruhi bagian otak yang berperan untuk mengatur menstruasi, yaitu hipotalamus.
  3. Gangguan hormon atau masalah pada tiroid
    Kelenjar tiroid mengatur metabolisme tubuh, sehingga kadar hormon juga dapat terpengaruh terhadap siklus haid Anda.
  4. PCOS atau Polycystic Ovary Syndrome
    Suatu kondisi dimana tubuh lebih banyak menghasilkan hormon androgen. Ketidakseimbangan hormon ini dapat menyebabkan kista yang terbentuk di indung telur.

Berkaitan dengan keterangan yang Anda berikan bahwa istri Anda terlambat menstruasi selama 1,5 bulan, sebaiknya Anda lakukan testpack terlebih dahulu untuk memastikannya, jika testpack negative kemungkinan ada penyebab lain yang menyebabkan istri Anda terlambat haid.

Untuk sekarang sebaiknya hindari aktivitas fisik dengan intensitas berat, konsumsi makanan bernutrisi tinggi, lakukan rileksasi dengan cara meditasi dan menerapkan pola hidup sehat.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cara alami seperti berolahraga, orgasme, jahe, atau tanaman adas dapat membantu menghentikan haid yang berkepanjangan

5 Cara Menghentikan Haid yang Berkepanjangan, Wanita Wajib Tahu

Periode haid umumnya berlangsung selama 2-7 hari. Jika periode berlangsung lebih lama atau menimbulkan nyeri yang berlebihan, ada cara alami yang dapat dilakukan untuk membantu memperpendek periode haid seperti berolahraga, orgasme, jahe, atau tanaman adas yang terbukti mengandung analgesik dan antiperadangan.