tentang telat haid 3 hari setelah melakukan hubungan seksual

SU Info Penanya: SU, Wanita, 19 Tahun
Dok saya mau bertanya, kemarin saya menstruasi tgl 6 juni terus tgl 12 juni saya melakukan hubungan, tapi dikeluarinnya diluar. harusnya saya haid lagi tgl 6 juli, tpi sudah 8 juli saya masih belum haid. kira2 saya haid nya lagi tgl berapa, terus apakah kemungkinan hamil?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam R,

Melakukan hubungan seksual tetapi tidak melakukan ejakulasi di dalam sering kali dianggap tidak memiliki peluang hamil atau istilahnya melakukan senggama terputus atau coitus interuptus. Sebenarnya apabila melakukan hubungan seksual tanpa menggunakan kontrasepsi baik pada pria ataupun wanita tetap memiliki peluang terjadinya kehamilan.

Pada kondisi melakukan hubungan seksual tetapi tidak terjadi ejakulasi di dalam memang kemungkinan hamilnya lebih kecil tapi tetap bisa terjadi kehamilan karena saat melakukan hubungan seksual bisa ada cairan yang keluar berupa cairan semen yang bisa mengandung sel sperma. Cairan ini disebut cairan preejakulasi

Untuk itu apabila mengalami keterlambatan haid, dan sebelumnya ada riwayat melakukan hubungan seksual tanpa menggunakan pengaman, bisa coba melakukan pemeriksaan awal kehamilan menggunakan testpack.

Apabila hasilnya negatif maka perlu diperhatikan dalam 2 minggu kedepan, jika masih juga belum haid perlu kembali diulang pemeriksaannya. Kalau hasilnya tetap negatif maka bisa tidak ada kehamilan, dan terlambat haid disebabkan kemungkinan lain seperti:

  • Ketidakseimbangan hormonal tubuh
  • Adanya gangguan fisik dan mental yang kelelahan
  • Masalah berat badan yang turun drastis atau berat badan berlebih
  • Efek masalah kesehatan lain
  • Penyebab lainnya

Jika nanti tetap tidak juga kunjung datang haid, ada baiknya diperiksakan pada dokter spesialis kandungan untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salah satu gejala endometriosis adalah dismenore alias rasa nyeri ketika menstruasi

Nyeri Haid Luar Biasa, Bisa Jadi Gejala Endometriosis

Gejala endometriosis biasanya terlihat ketika seseorang merasakan nyeri haid luar biasa. Segera periksakan diri ke dokter karena endometriosis dapat mengganggu kesuburan.