22 Sep 2021, 07:05Kandungan

Apakah hubungan sehari sebelum suntik KB bisa hamil?

UR
Info Penanya: UR0
Dok tanggal suntik KB saya tanggal 22. Lalu tanggal 21 saya berhubungan dengan suami saya? Apakah saya akan hamil? Karna di tanggal 21 itu saya selesai haid. Apakah saya akan hamil?
87 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat pagi, UTerima kasih atas pertanyaannya.Suntik KB adalah salah satu dari metode kontrasepsi yang memasukkan hormon progestin dan estrogen agar kedua hormon ini dapat membantu mencegah terjadinya kehamilan.  Suntik KB ada yang 1 bulan sekali dan 3 bulan sekali.  Masing-masing jenis suntik KB memiliki kelebihan dan kekurangannya.  Terkait yang ditanyakan, bila hubungan intim masih dalam periode suntik sebelumnya yang artinya tanggal 22 ini adalah jadwal suntik KB ulang maka tubuh masih terproteksi KB sebelumnya sehingga kemungkinan hamil cukup kecil.  Hanya saja untuk 7 hari kedepan pasca suntik KB kembali tanggal 22 ini hindari aktivitas seksual atau pakai kondom dahulu karena KB baru akan bekerja secara optimal 5-7 hari setelah suntik ulang.  

Yang perlu diperhatikan penggunaa suntik KB agar tidak kebobolan :

  • Pastikan suntik teratur dan sesuai jadwal yang sudah ditentukan petugas medis.  Karena jika sering telat suntik KB dapat menurunkan efek kerja dari KB suntik tersebut dan meningkatkan potensi kehamilan. 
  • Tunda aktivitas seksual 7 hari pasca suntik. 
  • Belum ada KB yang 100% kerjanya sehingga tetap ada kemungkinan 1-2% terjadi kehamilan.  
Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
hubungan seksualkehamilanpenggunaan kbkontrasepsi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil