13 Dec 2020, 20:48Kulit & Kelamin

Apakah keputihan normal pada wanita?

AY
Info Penanya: AY0
Selamat Malam dok Pada Saat saya berhubungan sya merasakan dri rahim wanita trsbt ada kyk semacam lendir gtu yg berwarna bening gitu, lengket dan agk sedikit berbau apakah itu sperma yg keluar d dalam atau hasil keputihan dok?
522 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat malam, AYTerima kasih atas pertanyaannya.Adanya lendir pada vagina merupakan keputihan yang normal terjadi pada setiap wanita.  Semakin kental lendiri menunjukkan bahwa wanita sedang kondisi subur.  Keputihan akan banyak terutama ketika saat akan menstruasi, kehamilan, berhubungan intim, penggunaan KB hormonal, ataupun saat stress dan kelelahan.  Pada wanita, keputihan yang normal adalah keputihan bening keputihan tanpa ada bau ataupun gatal dan panas pada vagina.  Keputihan yang berbau yang disertai rasa gatal dan panas pada vagina bisa terjadi akibat infeksi pada vagina.

Penyebab keputihan abnormal :

  • Infeksi jamur
    Kandidiasis vagina merupakan infeksi jamur candida yang sering terjadi. Keputihan akan kental seperti keju serta gatal pada vagina.
  • Infeksi bakteri
    Vaginosis bakterialis akan menimbulkan gejala seperti keputihan kuning kehijauan yang berbau busuk dan terasa panas pada vagina.
  • Infeksi menular seksual
    Gonore, klamidia, herpes, serta sifilis dapat menimbulkan keputihan seperti nanah, gatal dan nyeri saat buang air kecil.
Terkait yang anda tanyakan, kemungkinan lendir merupakan keputihan.  Sebaiknya sarankan pasangan anda untuk periksa ke dokter kulit dan kelamin jika terdapat keputihan yang berbau dan gatal pada vagina.Berhubungan intim tanpa pengaman selain berisiko terjadinya kehamilan, juga berisiko penularan infeksi menular seksual serta infeksi pada vagina.  Untuk itu, jika belum menikah alangkang baiknya tunda berhubungan atau jika sudah menikah gunakan kondom untuk menunda kehamilan.Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat, dr. Farah
kandidiasis vaginainfeksi menular seksualkeputihanvaginosis bakteri
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil