10 Oct 2021, 09:15Kandungan

Apakah pil KB harus dikonsumsi terus-menerus?

AG
Info Penanya: AG0
Halo dok, saya umur 22th saya baru menikah 4bulan nah awal menikah saya udah di KB (KB nya pil) nah tiap hari kan saya rutin minum pil kb, skrg suami saya mau kuliah+krja diluar kota pulangnya pun sebulan sekali, intinya saya mau LDR an. Kira² pil KB nya diminum terus meskipun gada suami apa gimna ya dok? Mohon jawabannya. Terimaksh..
67 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat siang, ATerima kasih atas pertanyaannya. Pil KB adalah pil yang memiliki kandungan hormon estrogen dan progesteron atau hormon progesteron saja.  Kedua jenis hormon ini dapat mencegah terjadinya kehamilan dengan menghambat pelepasan sel telur, mencegah sperma memasuki rahim hingga menghambat sel telur yang terlanjur dibuahi untuk melekat dan berkembang menjadi janin.  Pil KB diketahui memiliki efek 89-99% tergantung pada kepatuhan pengguna dalam minum pil KB.  

Yang perlu diketahui saat menggunakan pil KB :

  • Pil KB dikonsumsi di jam yang sama setiap harinya.  Hindari telat atau bahkan minum sesuka hati. 
  • Pahami efek samping pil KB yang mungkin terjadi.  
  • Gunakan kontrasepsi tambahan seperti kondom jika baru minum pil KB lagi saat tidak haid atau sempat terlewat lebih dari 24 jam. 
  • Risiko 1-3% kehamilan pada pengguna pil KB teratur karena belum ada KB yang 100% mencegah kehamilan. 
Jadi kerja pil KB akan efektif selama penggunaannya teratur dan sesuai aturan minum, kalau tidak teratur minum pil KB, hanya waktu tertentu dan tidak sesuai anjuran di kemasan maka tentu saja kerja pil KB juga menurun sehingga potensi kehamilan meningkat.  Untuk itu walaupun anda tidak rutin hubungan intim tetap saja pil KB harus rutin dikonsumsi agar tetap efektif dalam mencegah kehamilan.  Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
kehamilanpenggunaan kbkontrasepsi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil