Penyakit kelamin pada penis, apa penyebabnya?

WB Info Penanya: WB, Pria, 35 Tahun
Akhir akhir ni saya sllu mengeluarkan cairan d penis sedikit sedikit. Tapi tidak merasakan sakit d sebut apa..!?? Apakah berbahaya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang WB,

Keluar cairan dari penis adalah disebut dengan duh tubuh. Keluarnya duh tubuh bisa disebabkan karena beberapa hal seperti infeksi saluran ureter atau uretritis, infeksi saluran kemih, gangguan pada otot saluran kemih, inkontinensia urine atau gangguan menahan kemih dan lainnya.

Jika keluar duh tubuh diawali adanya hubungan seksual atau penis keluar nanah, terlebih dengan pasangan yang tidak diketahui riwayat kesehatan seksualnya juga bisa mengarah pada infeksi menular seksual.

Jadi untuk memastikan apa penyebabnya dan bagaimana mengatasinya perlu dilakukan pemeriksaan pada dokter spesialis kulit dan kelamin dimana nantinya akan dilakukan pemeriksaan sampel duh tubuh, pemeriksaan urine, dan pemeriksaan lain yang diperlukan.

Untuk sementara bisa diperhatikan beberapa hal seperti:

  • Hindari melakukan hubungan seksual sampai benar-benar sembuh
  • Bisa minum parasetamol jika ada nyeri
  • Perbanyak minum air putih
  • Hindari mengobati diri sendiri dengan membeli sembarangan obat terutama antibiotik karena bisa memicu efek samping dan resistensi obat
  • Jaga kebersihan area kelamin dengan rutin mengganti pakaian dan pakaian dalam

Perhatikan juga keluhan lain yang timbul seperti misalnya nyeri perut, nyeri saat ejakulasi, ada tidak nya darah pada sperma saat ejakulasi, adanya nyeri saat buang air kecil ataupun perubahan warna urine agar memberi keterangan tambahan pada dokter untuk menentukan penyebabnya dan melakukan penagnanan lebih lanjut. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pielonefritis atau infeksi ginjal rentan dialami oleh perempuan karena saluran uretra yang lebih pendek sehingga bakteri mudah masuk

Pielonefritis, Infeksi Ginjal yang Membuat Buang Air Kecil Terasa Menyiksa

Pielonefritis adalah infeksi ginjal yang harus diwaspadai. Bila infeksi ginjal ini dibiarkan tanpa pengobatan, maka akan rentan menyebabkan komplikasi.