Menstruasi kembali keluar setelah berhenti, apakah normal?

S0 Info Penanya: S0, Wanita, 20 Tahun
Aku mau nanya dok,kan pas tanggal 17 kmrin aku keluar darah warna coklat nah setelah itu darah nya ngak ada lagi,nah terus kmrin kmrin aku keluar darah lagi pdhal aku ngk pernah ngelakuin hubungan intim,dan skrg masih bingun itu darah haid apa bukan ya dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang S,

Flek darah diluar siklus menstruasi adalah keluhan yang bisa terjadi akibat beberapa penyebab, mulai dari gangguan hormonal, adanya gangguan pada organ reproduksi, tanda kehamilan atau ketika terjadi implantasi atau penempelan sel telur yang telah dibuahi, adanya infeksi di kemaluan ataupun penyebab lainnya.

Normalnya siklus menstruasi terjadi setiap bulannya 1 kali atau lamanya timbul menstruasi adalah 21 - 35 hari sekali dengan lama perdarahan 3-7 hari. Apabila siklus lebih cepat atau lebih lambat dari siklus tersebut maka bisa merupakan adanya gangguan menstruasi.

Apabila tidak ada riwayat hubungan seksual sebelumnya, tidak perlu khawatir karena perdarahan tersebut bisa timbul karena gangguan hormonal. Untuk itu ada baiknya memperbaiki pola hidup sehari-hari seperti:

  • Cukup tidur dan istirahat
  • Aktif bergerak seperti berolahraga
  • Konsumsi makanan yang bernutrisi dan cukupi kebutuhan cairan tubuh
  • Kelola stres

Apabila perdarahan atau flek tersebut keluar lebih dari 7 hari maka perlu diwaspadai, terlebih jika perdarahan atau flek lebih sering dan lebih deras. Beberapa hal lain yang bisa dilakukan untuk melancarkan menstrasi sendiri adalah dengan melakukan relaksasi dan mengonsumsi beberapa bahan herbal natural untuk memperlancar menstruasi. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kayu manis dapat digunakan untuk membuat minuman pelancar haid alami

5 Minuman Pelancar Haid Alami Ini Bantu Anda Yang Sering Telat Datang Bulan

Beberapa perempuan mungkin ada yang rutin membeli minuman pelancar haid demi menstruasi yang lancar. Padahal tidak harus membeli, Anda bisa menemukan bahan-bahan alami untuk membuat minuman pelancar haid sendiri di rumah.