Menstruasi 4 hari bersih, berhubungan, kemudian menstruasi lagi, apakah normal ?

TW Info Penanya: TW, Wanita, 1 Tahun
Maap dok. Saya mau nanya.. Saya baru 4 hari menstruasi , tp udh bersihLalu suami ngajak melakukan hubungan. Selng 5 hari kemudian. Saya menstruasi lg? Apakah itu bahaya? Ato gimna dok.. Trimkasih sebelum nya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, TW.

Menstruasi tidak teratur atau dalam bahasa medisnya dikenal dengan metroragia merupakan gangguan siklus menstruasi yang umumnya berhubungan dengan ketidakseimbangan hormon pengatur siklus menstruasi yaitu estrogen dan progesteron. Berbagai faktor dapat mengakibatkan keadaan menstruasi tidak teratur, baik kondisi medis maupun penyakit tertentu.

Berikut beberapa faktor penyebab metroragia, diantaranya adalah :

  • ketidakseimbangan hormon, khususnya kadar hormon estrogen yang berlebihan
  • kurang mengalami ovulasi atau proses pelepasan sel telur yang akan meluruh menjadi darah haid
  • adanya gangguan pemebekuan darah
  • penyakit endometriosis dan adenomiosis
  • penyakit polip rahim dan fibroid rahim

Mengenai keluhan Anda, dapat terjadi karena salah satu faktor yang telah dipaparkan di atas. Akan tetapi dapat juga terjadi karena mesntruasi yang belum benar-benar selesai. Perlu juga untuk diketahui darah yang keluar apakah sedikit atau banyak, karena bisa juga merupakan perdarahan implantasi yang menandakan proses awal kehamilan. Apabila bulan depan terjadi keterlambatan haid, Anda dapat melakukan test pack untuk memastikannya.

Untuk sementara, jika haid masih tidak kunjung berhenti, Anda dapat melakukan beberapa cara alami terlebih dahulu seperti mengonsumsi air rebusan jahe dan ekstrak tanaman adas.

Mengenai bahaya atau tidaknya, masih perlu dilakukan pemeriksan lebih lanjut untuk memastikan penyebab pastinya. Apabila keluhan perdarahan tidak kunjung berhenti, ada baiknya Anda memeriksakan diri secara langsung ke dokter Spesialis Kandungan.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Rasa hangat pada air hangat dapat membuat tubuh rileks dan mengurangi nyeri haid yang dirasakan

Nyeri Haid Terasa Mengganggu? Begini Cara Menanganinya

Sebagian besar wanita mengalami nyeri haid sebelum dan saat periode menstruasi. Beberapa cara ampuh menangani nyeri haid tak tertahankan, antara lain berolahraga ringan.