Menstruasi setelah berhubungan, apa masih mungkin hamil?

SU Info Penanya: SU, Pria, 1 Tahun
dok saya mau nanya, kemarin saya berhubngan intim dengan pacar saya, dan saya kelepasan keluar di dalam, dan besok nya hari siang pacar saya menstruasi, apakah itu bertanda hamil atau engga dok ?terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, SU.

Menstruasi adalah hal alamiah yang terjadi pada wanita usia subur, mulai dari usia remaja sampai usia lanjut. Menstruasi ditandai dengan keluarnya darah dari liang vagina, yang berasal dari dinding rahim karena tidak terjadinya proses pembuahan.

Nah, apabila ada proses pembuahan (pertemuan sperma dengan sel telur), maka embrio yang terbentuk akan melekat ke dinding rahim. Oleh karena itu, dinding rahim tidak akan meluruh dan tidak terjadi menstruasi. Jadi, kehamilan dan menstruasi tidak bisa datang bersamaan.

Terkait kondisi yang Anda sampaikan, jika setelah berhubungan pacar Anda mengalami menstruasi, maka kemungkinan besar tidak terjadi kehamilan. Satu-satunya kemungkinan kehamilan adalah apabila sperma Anda termasuk sperma berkualitas (sehingga mampu bertahan 5 hari di dalam rahim), dan dapat membuahi sel telur seusai menstruasi. Tetapi, kemungkinan tersebut sangatlah kecil.

Nah, jika Anda dan pacar belum siap untuk kehamilan, sebaiknya hindari hubungan seks di luar nikah karena berpotensi memicu infeksi menular seksual juga. Tetapi, alangkah baiknya apabila Anda dan pacar menggunakan masa pacaran untuk melakukan hal-hal positif, yang dapat mendekatkan hubungan satu sama lain.

Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat berkonsultasi kepada orang tua masing-masing, atau langsung ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan, ya. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh SU
08 Jul 2020, 20:00
Saya berhubungan intim tgl 28 Juni dan istri saya yakin klau hamil soalnya ada tanda2 orng hamil tapi tgl 8 Juli istri saya mens apakah ini hamil apa tidak dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
09 Jul 2020, 09:50
Selamat siang SU,
Jika tanggal 8 Juli tersebut benar-benar menstruasi, maka tidak hamil. Tetapi, ada juga beberapa bercak darah dari vagina yang bukan disebabkan karena menstruasi, misalnya bercak implantasi tanda kehamilan, atau darah tanda keguguran. Sebaiknya lakukan testpack atau USG ke dokter kandungan untuk memastikan ya. Terima kasih.
Dibalas oleh SU
09 Jul 2020, 23:17
dok mau nanya lagi dong ..jadi seminggu sebelum saya berhubungan, pacar saya haid, nah seminggu setelah selesai haid,, saya berhubungan, dan besoknya siang hari pacar saya haid lagi, apa itu lagi masa subur nya atau gimana yak dok ?maaf jika saya ngerepotin dok..
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
10 Jul 2020, 09:37
Selamat pagi, SU
Untuk menentukan masa subur, tergantung dari siklus menstruasinya. Bila, memiliki siklus 28 hari, masa subur terletak pada 14 hari sebelum haid kembali. Jika Anda ragu-ragu, bisa melakukan tes kehamilan atau memeriksakan diri ke dokter speslialis kandungan agar dilakukan pemeriksaan USG kehamilan.
Terima kasih.
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pembalut tampon, dan menstrual cup memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing dalam mengatasi dan menampung darah haid

Kenali Kelebihan Pembalut, Tampon, dan Menstrual Cup

Pembalut, tampon, dan menstrual cup adalah tiga produk pilihan yang bisa digunakan oleh wanita saat sedang menstruasi. Ketiganya memiliki bentuk dan cara pemakaian yang berbeda, serta kelebihan dan kekurangannya masing-masing.