Suntik KB 3 bulan apakah masih bisa hamil?

NL Info Penanya: NL, Wanita
Dok mw nanya saya suntik kb 3 bulan pertma kali tgl 2 tgl 9 sya berhub .. 3 hari berhubngn kluar darah.. Krena kluar drah saya tidak berhubngan slama hampir 3 mnggu karena darah kluar bnyak mngkin mens dok..Nah tgl 6 juli sya berhub tpi masih ada darah sedikit.. saya k bidan katanya tidak apa2 jika berhub..pertnyaanya apakh perpontensi hamil
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, NL.

 

Suntik KB 3 bulan merupakan metode kontrasepsi berupa suntikan berisi hormon yang diberikan pada wanita dibagian tubuh tertentu. Kandungan hormon yang diberikan berupa hormon progestin yang menyerupai hormon alami di dalam tubuh wanita yaitu progesteron.

Pada suntik KB 3 bulan dapat mencegah kehamilan dengan menghambat pelepasan sel telur dari indung telur sehingga sperma tidak dapat membuahi sel telur. Selain itu lendir servik akan mengental sehingga menghambat pergerakan sperma dan dinding rahim akan menipis maka tidak akan terjadi penempelan bakal janin.

Terkait dengan pertanyaan Anda, untuk tingkat keberhasilan dalam suntik KB jenis hormon biasanya masih dapat ditemukan kegagalan terutama apabila pengguna Kb tidak tepat waktu melakukan suntik. Apabila Anda baru melakukan suntik KB pertama kali biasanya KB tersebut juga belum efektif dikarenakan tubuh masih perlu beradaptasi dengan diberikannya suntikan hormon. Setidaknya KB suntik digunakan minimal 3 bulan baru dapat bekerja dengan baik. Maka jika nanti terjadi keterlambatan haid atau gejala kehamilan dipastikan kembali kepada dokter kandungan ya.

Oleh karena suntik KB 3 bulan dapat menyebabkan siklus haid jadi tidak teratur sebaiknya Anda lakukan hal dibawah ini:

  1. Makan sehat dengan mengonsumsi banyak sayur dan buah.
  2. Olahraga yang teratur.
  3. Minum banyak air putih.
  4. Hindari kondisi yang membuat stres.
  5. Tidur yang cukup.

 

Semoga bermanfaat.

Salam sehat, 

 

dr.Sri Wulantini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penggunaan kontrasepsi darurat biasanya dipilih jika alat kontrasepsi yang biasanya digunakan tidak efektif mencegah kehamilan

Mengenal Kontrasepsi Darurat untuk Menunda Kehamilan

Kontrasepsi darurat adalah alat kontrasepsi yang dapat digunakan segera setelah melakukan hubungan seksual untuk mencegah kehamilan. Kontrasepsi darurat terbagi menjadi dua jenis, yaitu bentuk pil dan IUD atau spiral.