Apakah penyebab bintik kuning di mata?

AP Info Penanya: AP
Assalamualaikum Dok saya mau tanya pada sklera mata saya ada bercak berwarna oranye dan bagaimana menghilangkan nya dan apakah biasa di hilangkan
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, A

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Suatu kondisi dimana terdapat sebuah bencolan tipis atau bercak yang berwarna kekuningan pada selaput tipis yang menutupi bagian putih pada bola mata dalam istilah medis disebut dengan pinguekula. Lapisan selaput tipis yang menutupi bagian putih bola mata tersebut disebut dengan istilah konjungtiva bulbi. 

Adapun tanda dan gejala dari pinguekula adalah:

  • Mata terasa mengganjal
  • Mata kering dan terasa gatal dan menimbulkan rasa ingin mengucek mata
  • Timbul iritasi pada mata
  • Timbul kemerahan atau peradangan pada mata

Sampai saat ini, belum diketahui pasti penyebab dari pinguekula, namun kondisi ini kerap kali dikaitkan daengan adanya paparan debu dan atau sinar matahari yang terlalu sering. Tindakan yang bisa Anda lakukan untuk mencegah terjadinya pinguekula adalah dengan menggunakan kacamaa hitam ketika sedang beraktivitas di luar ruangan, (kaca mata hitam juga berfungsi untuk melindungi mata dari paparan debu serta angin) , konsumsilah  makanan sehat dan bergizi seimbang, perbanyak sayur dan buah-buahan, cukupi kebutuhan cairan harain Anda, hindari mengucek mata terlebih saat belum mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, serta lakukan istirahat dengan cukup.

Untuk dapat memastikan keluhan yang Anda rasakan, perlu dilakukan pemeriksaan. Oleh karena itu, sebaiknya segera periksakan diri Anda ke dokter spesialis mata terdekat. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang bila diperlukan untuk memastikan apakah keluhan Anda disebabkan oleh pinguekula, atau karena kondisi yang lainnya seperti subkonjuctiva bleeding, ikterik, dan beberapa kondisi medis lain pada mata.

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Umumnya penderita miopi menggunakan lensa minus

Sebaiknya Penderita Miopi Menggunakan Lensa Ini Agar Bisa Melihat dengan Jelas

Miopi atau rabun jauh membuat penderitanya tidak dapat melihat dengan jelas objek yang jauh. Namun, apabila penderita miopi menggunakan lensa ini maka kondisi tersebut dapat diperbaiki.