Bagaimana cara mengetahui kelainan jika mata di sorot senter?

DA Info Penanya: DA, Wanita, 18 Tahun
Halo dok saya mau tanyaKemarin saya melakukan pemeriksaan mata kenapa pada saat itu mata saya di sorot pakai senter?Bagaimana dokter tersebut bisa mengetahui kalau ada kelainan pada mata yang di sorot senter tersebut?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang DA,

Pemeriksaan mata dapat dilakukan dengan beragam tahapan pemeriksaan, mulai dari pemeriksaan tajam penglihatan dan pemeriksaan anatomi mata. 

Pemeriksaan anatomi atau pemeriksaan fisik mata bisa dilakukan dengan beragam teknik dan cara. Salah satunya dengan menggunakan senter, hal ini membantu memperjelas untuk menilai anatomi mata, melakukan teknik pemeriksaan tertentu seperti misalnya shadow test, melihat kelopak mata, adanya infeksi mata dan lainnya.

Selain itu juga bisa menggunakan alat khusus seperti slit lamp, dimana kepala ditopang di alat kemudian dokter melihat dengan alat seperti disenter untuk menilai anatomi mata, selain itu juga bisa dilakukan pemeriksaan funduskopi dengan alat khusus seperti senter tapi lebih redup untuk melihat bagian mata yang lebih dalam dan beragam pemeriksaan lain.

Jadi ada beragam teknik dan jenis pemeriksaan yang bisa dilakukan dengan center. Jika masih mengalami gejala pada mata dapat periksakan pada dokter spesialis mata ya.

Jaga kesehatan mata dengan beberapa cara berikut:

  • Perbanyak makanan bernutrisi seperti sayur dan buah yang kaya vitmain dan mineral
  • Hindari merokok
  • Batasi penggunaan gadget/gawai
  • Bersihkan kosmetik setelah digunakan
  • Pilih lensa kontak atau kacamata yang sesuai
  • Lakukan pemeriksaan berkala

Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh DA
26 Mar 2020, 21:33
Hai dok,, bagaimana cara dokter bisa mengetahui kelainan mata seperti miopi dll padahal itu matanya cuma di sorot pakai senter?Dan apakah kalau gigi berlubang itu bisa ggal dalam tes mcu kerja
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
27 Mar 2020, 07:07
DA, sesuai yang dijelaskan di atas, mata disenter untuk menilai anatomi mata seperti kelopak, infeksi atau tidak, dan beberapa tes lainya. Untuk miopi dan kelainan refraksi lain, sebelum masuk ke ruangan dokter biasanya Anda akan diperiksa visus. Di situlah akan ketahuan, kelainan refraksi apa yang Anda derita.

Untuk gigi berlubang, tergantung MCU di perusahaan mana, silakan tanyakan kepada perusahaan yang bersangkutan ya.
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Macular degeneration dapat menyebabkan pengelihatan rabun

Kenali Gejala Dini dari Penyakit Mata Macular Degeneration

Penyakit mata macular degeneration atau degenerasi makular membuat penderitanya tidak dapat melihat dengan jelas. Gejalanya sering tidak terlihat. Namun ada gejala awal yang bisa Anda perhatikan. Apakah itu?