05 Apr 2021, 02:44Kulit & Kelamin

Apakah masturbasi akan mempengaruhi kesuburan pria?

RN
Info Penanya: RN0
Halo Dokter, Saya MauTanya Dokter, Usia Saya 15 Tahun.Sejak usia 12 Tahun Saya Sudah Melakukan Yang Namanya Manstrubasi.Saya Melakukan Manstrubasi Itu 1x Sehari Dalam 1 Minggu,Pertanyaan Saya Dokter,Apakah Kelainan Saya Ini Dapat Menkmbulkan Kemandulan Di Hari Yang Akan Mendatang?,Dan Apakah Itu Dapat Merusak Kesehatan Saya? Sekian... TERIMA KASIH?
347 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat pagi, RNTerima kasih atas pertanyaannya.Masturbasi adalah suatu kegiatan seksual yang dilakukan untuk mencapai kenikmatan seksual setelah timbul rangsangan seksual baik dari pandangan, pendengaran, pikiran, serta sentuhan langsung pada tubuh.  Masturbasi yang terlalu sering akan menimbulkan beberapa reaksi negatif dan gangguan kesehatan tubuh serta mental.

Reaksi negatif dari masturbasi terlalu sering :

  • Luka dan infeksi pada kelamin dapat terjadi karena efek dari gesekan yang berlebihan.
  • Menimbulkan perasaan bersalah dan cemas karena melanggar norma dan takut akan efek yang akan terjadi.
  • Menimbulkan rasa tidak puas saat hubungan seksual di kemudian hari. Karena sudah terbiasa terpuaskan dengan masturbasi.  Hal ini akan memicu terjadinya disfungsi seksual.
  • Kecanduan masturbasi yang akan membuat seseorang tidak lagi berminat dengan aktivitas lain. Yang anda dipikiran hanyalah masturbasi. 
Kemandulan atau tidak subur pada pria hanya dapat dilihat dari uji kualitas sperma.  Faktor risiko terjadinya ketidaksuburan pria adalah obesitas, penyakit di organ reproduksi pria, psikologis, serta ketidakstabilan hormon.  Seringnya masturbasi tidak secara langsung menyebabkan pria menjadi tidak subur, namun efek masturbasi terlalu sering akan membuat pria menjadi tidak puas dengan hubungan intim sehingga menganggu ereksi dan ejakulasi.  Untuk itu sedini mungkin mulai hindari aktivitas yang kurang bermanfaat, lakukan aktivitas yang mengembangkan diri agar bermanfaat tidak hanya untuk diri sendiri tetapi juga orang lain tanpa menganggu kesehatan tubuh.  Konsultasi dengan psikiater jika anda sudah mengalami kecanduan masturbasi. Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah 
masalah infertilitasejakulasi dinidisfungsi seksualmasturbasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil