08 Dec 2020, 19:25Kulit & Kelamin

Penyebab dan penatalaksanaan gatal pada tangan

KD
Info Penanya: KD, Wanita, 13 Tahun
Dok saya mengalami gatal" pada tangan lalu muncul bintik" tetapi bintik bintik itu tidak berwarna merah sudah 3 hari saya mengalami gatal" seperti itu apa penyebab gatal" itu mohon di jawab dan respon
403 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya
(0)
Hallo K,Saya akan mencobamenjawab pertanyaan Anda.Rasa gatal di tangan dapat membuat tidak nyaman karena penderita ingin terus menggaruk sehingga dapat menyebabkan luka dan menimbulkan infeksi yang baru di tangan. Tangan merupakan salah satu organ yang selalu dipakai dan bersentuhan dengan benda-benda membuatnya lebih cendrung untuk terisitasi.

Penyebab dan penatalaksanaan gatal pada tangan

Penyebab gatal pada tangan antara lain :
  • Dermatitis kontak. Deramatitis kontak ini dibagi menjadi dua penyebab, bsia karena dermatitis kontak alergi (DKA), dan dermatitis kontak iritan (DKI). DKA disebabkan oleh kontak kulit dengan bahan yang menyebabkan alergi, misalnya penggunaan lotion yang tidak cocok, penggunaan sarung tangan berbahan latex dsb. Sedangkan DKI terjadi saat kulit kontak dengan bahan yang menyebabkan iritasi misalnya pemersih pakaian, detergent, sabun colek, cairan untuk mengepel. Penatalaksanaannya adalah dengan cara menghindari penyebab yang ada. Misalnya pada DKA dapat mneghindari pencetus alergi. DKI dengan cara menggunakan sarung tangan dan hindari kontak langsung dengan bahan iritan.
  • Dermatitis karena jamur ini memberikan gejala yang sangat gatal. Keluhan yang muncul berulang, kebersihan badan dan tangan yang tidak baik. Bisa terdapat ruam berwarna merah atau gelap dengan tepi yang lebih jelas, berbentuk seperti koin banyak di tangan. Penatalaksanannya dokter akan memberikan salap antijamur dan penderita harus menjaga kebersihan dan kelembaban kulitnya.
  • Scabies memberikan gejala yang sangat gatal di sela-sela jari terutama di malam hari. Scabies ini sering terjadi pada anak yang tinggal di asrama, atau tempat penampungan. Gejalanya seperti bentuk terowongan yang ada di sela jari dan sangat menular sehingga harus dibersihkan dan direndam menggunakan air panas semua pakaian, seprai, dan alat mandi.
Jika rasa gatal pada tangan Anda tidak membaik walau sudah mengatasi penyebabnya, Anda dapat mengkonsumsi obat gatal seperti CTM 3x1 tab setelah makan. Namun obat ini dapat menyebabkan kantuk. Anda juga hindari menggaruk tangan agar tidak terjadi infeksi bakteri. Segera ke dokter jika keluhan tidak membaik dan untuk pemeriksaan serta penatalaksanaan lebih lanjut.Semoga bermanfaat dan semoga lekas sembuh."Salam sehat,dr. Lidya Hapsari."
infeksi jamurdermatitis
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil