Apa penyebab sperma tidak keluar saat ejakulasi?

DA Info Penanya: DA
Dok saya mau tanya..Usia saya 20 tahun dan selama ini saya belum pernah merasakan keluar air mani dalam keadaan sadar.Saya selama ini tidak pernah onani .dan karena saya penasaran jadi baru baru ini saya melakukan onani dan sampai benerapa menit saya tidak bisa sampai klimaks / keluar air mani..Apakah itu kelainan dok? Karena setau saya orang orang kalau berhubungan seks biasanya 5 menit 10 menit uda keluar mani sdngkan saya kok tidak ..Tolong penjelasannya dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, D.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Pada saat melakukan onani dan sudah mencapai orgasme, biasanya pria akan mengeluarkan air mani yang berisi sperma. Itu merupakan hal yang wajar. Tetapi, akan menjadi tidak wajar jika saat onani air mani tidak keluar. Mungkin ada kelainan atau penyakit. Ada beberapa kondisi yang membuat sperma tidak keluar. 

Kondisi yang membuat sperma tidak keluar, yaitu:

  • Ejakulasi tertunda: kondisi dimana seorang pria membutuhkan rangsangan seksual lebih lama (lebih dari 30 menit) untuk mengeluarkan air mani. Bahkan terkadang tidak mengeluarkan sperma sama sekali. Penyebabnya karena mengkonsumsi obat-obatan tertentu, gangguan mental, dll.
  • Ejakulasi retrograde: kondsi dimana air mani seharusnya dikeluarkan melalu penis tetapi masuk ke kandung kemih sehingga saat orgasme air mani tidak keluar.
  • Operasi prostat dengan laser.
  • Hipogonadisme: kondisi dimana tubuh tidak menghasilkan cukup hormon testosteron sehingga tidak bisa memproduksi sperma dalam jumlah yang cukup.
  • Penyumbatan saluran sperma. Biasanya disebabkan karena infeksi, permasalahan pada prostat, dll. 

Keuhan yang Anda alami ini kemungkingan akibat salah satu kondisi diatas. Untuk memastikannya, saya sarankan Anda melakukan pemeriksaan ke dokter spesialis andrologi agar dapat diperiksa lebih lanjut dan diberikan terapi yang tepat untuk menyembuhkannya. 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cairan yang keluar sebelum sperma, memiliki tekstur yang berbeda dari sperma, namun bisa sebabkan kehamilan.

Cairan yang Keluar Sebelum Sperma Bisa Bikin Hamil, Benarkah Demikian?

Cairan yang keluar sebelum sperma bisa bikin hamil? Mungkin, pertanyaan ini selalu muncul di benak pasangan suami-istri, yang berhubungan intim, tanpa pengaman alias kondom. Berikut adalah penjelasan ilmiah mengenai cairan yang keluar sebelum sperma.