Terlambat haid sudah 1 bulan, apakah karena berat badan?

LC Info Penanya: LC, Wanita, 1 Tahun
Dok aku blm menikah dan tidak pernah melakukan sek bebas tapi kok 1 bulan ini telat haid, dan selalu keputihan, semenjak berat badan Naik
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore LC,

Terlambat haid sejak 1 bulan adalah keluhan yang tidak selalu karena hamil. Bisa karena beberapa kondisi yang berimbas pada perubahan kondisi hormonal. Kondisi tersebut sering kali berkaitan dengan gaya hidup dan keseharian seperti:

  • Perubahan berat badan yang drastis baik naik ataupun turun
  • Sering kelelahan karena aktivitas fisik berat
  • Menggunakan obat atau produk perawatan kulit tertentu
  • Menggunakan KB
  • Masalah di organ reproduksi seperti PCOS, endometriosis, kista, dan lainnya
  • Masalah psikologis seperti stres, cemas, banyak pikiran dan lainnya

Siklus menstruasi yang normal sendiri antara 21-35 hari sekali, jadi jika sering kali siklusnya lebih dari 35 hari patut diwaspadai dan diberikan perhatian khusus.

Jadi jika baru pertama kali ini terjadi keterlambatan haid, tidak perlu terlalu cemas apalagi jika tidak ada riwayat melakukan hubungan seksual sebelumnya. Bisa perbaiki dulu kesehariannya. Upayakan cukup istirahat, jaga pola makan, olahraga rutin. Upayakan menjaga berat ideal, jadi biarpun naik tapi jangan sampai kelebihan berat badan.

Jika sampai lebih dari 90 hari masih juga tidak terjadi perdarahan menstruasi, maka perlu dipastikan penyebabnya pada dokter kandungan ya. Nantinya perlu dilakukan USG dan pemeriksaan lab darah hormonal. Nantinya penanganan bisa diberikan dengan perbaikan gaya hidup dan juga pengobatan untuk memancing menstruasinya. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Jerawatan merupakan salah satu tanda-tanda haid atau menstruasi.

Bersiaplah, Ini 9 Tanda Menstruasi akan Segera Tiba

Menstruasi adalah siklus alami kaum hawa setiap bulan. Tanda-tanda haid bisa dilihat dari gejalanya seperti berjerawat, kram perut, mood, dan sebagainya.