Terlambat haid 20 hari, apa penyebabnya?

ES Info Penanya: ES, Wanita, 1 Tahun
Dok saya mau tanya saya ini kb susuk 3 tahun dari tahun 2014 sampai 2017 sehabis suntik 3 bulan dan oktober nya ngpil dan saat saat itu slama saya kb saya gk haid dok Dan sekarang say bisa haid dari desember 2019 sampai april 2020 dan bulan ini saya belum dabet lagi dok ea kira2 telat 20 hari dok dan di tes pek masih negatif
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang ES,

Terlambat haid tidak selalu disebabkan oleh kehamilan, penyebab lainnya adalah diantaranya seperti gangguan hormonal, masalah di organ reproduksi, efek penggunaan KB, stres fisik dan mental, penurunan berat badan dan lainnya.

Penggunaan KB sebelumnya apabila sudah lewat beberapa bulan seharusnya tidak lagi menjadi masalah, untuk itu jika masih sering mengalami haid yang terlambat sampai 90 hari sebaiknya dilakukan pemeriksaan pada dokter kandungan dan kebidanan.

Mengatasi siklus menstruasi yang tidak lancar

Beberapa upaya lain untuk membantu melancarkan menstruasi diantaranya adalah:

  • Rutin berolahraga
  • Kelola stres dengan baik
  • Perhatikan waktu istirahat terutama waktu tidur
  • Upayakan tidak terlalu keras bekerja
  • Konsumsi bahan alami yang bisa membantu melancarkan haid seperti nanas, madu, jahe, kunyit, cuka apel, kayu manis dan lainnya

Nantinya jika ada gangguan pada organ reproduksi seperti PCOS, endometriosis, kista ataupun penyebab lain yang membuat siklus menstruasi tidak teratur, akan ditangani sesuai dengan penyebabnya. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Peran dan fungsi endometrium pada tubuh wanita sangat penting karena terkait dengan proses reproduksi

Pentingnya Peran dan Fungsi Endometrium dalam Tubuh Wanita

Tahukah Anda bahwa peran dan fungsi endometrium pada tubuh wanita sangat penting karena berkaitan erat dengan proses reproduksi? Baca selengkapnya di sini!