01 Jul 2021, 00:51Kandungan

apakah perut mengganjal setelah hubungan disebabkan oleh kehamilan?

M2
Info Penanya: M20
Dok,knp ya setiap selesai berhubungan tulang pantat terasa pegal,sampai ga kuat berdiri dan jalan,,,trs perut jg terasa ga enak berasa sgt mengganjal ? apa karena hamil?
41 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Evelin Kwandang
(0)
Halo M,Kehamilan tidak dapat langsung terjadi gejala segera setelah aktifitas seksual dilakukan. Namun jika saat ini Anda sedang hamil, aktifitas seksual saat hamil memang dapat menyebabkan keluhan ini. Selain itu, pegal pada pantat dapat terjadi karena ketegangan otot atau kram, masalah tulang panggul, maupun karena kelelahan karena posisi tertentu. Jika ringan umumnya keluhan ini akan hilang sendiri dan tidak membutuhkan pengobatan khusus, namun jika pegal terjadi terus menerus bahkan hingga mengganggu aktifitas kemungkinan pegal terjadi karena sebab yang lebih serius dan sebaiknya dilakukan pemeriksaan lanjutan ke dokter terdekat.

Penyakit yang menyebabkan pegal di pantat

Disisi lain mengganjal pada bagian perut dapat disebabkan oleh peningkatan asam lambung atau GERD misalnya jika hubungan seksual dilakuakn tepat setelah makan. Untuk itu hindari aktifitas berat segera setelah makan setidaknya lakukan istirahat selama 30-60menit setelah makan dalam posisi duduk. Sementara beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi keluhan pegal pada pantat dan rasa mnegganjal diperut adalah
  • lakukan pemijatan
  • gunakan koyo maupun salep pereda nyeri
  • konsumsi obat penurun asam lambung seperti antasida
Salam sehat
dr. Evelin Kwandang
asam lambungkram ototnyeri panggul
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil