23 Jun 2021, 12:56Kandungan

Berhenti KB suntik dan tidak menstruasi, apakah hamil?

MA
Info Penanya: MA0
Ass..sya mau nanya dok,sya kan pakai kb suntik yg 3blan dan sya pakai itu cma sekali saja kebetulan sya baru nikah nah pertama itu sya d suru pakai kb suntik sama orang tua saya karena umur sya baru 18thun sudah nikah,nah sekarang sya berhenti pakai kb suntik pda tnggal 12april2021 dan smpai skrng tnggal 23juni sya ngga menstruasi sma skli,trus sya ngerasa aneh sma badan sya,ngerasa macam bumil gitu dok,dan sya tespack hasilnya negatif tpi kata bidan pribadi sya,sya hamil,in gimana dok.
68 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat malam MA,Tidak menstruasi lebih dari 3 bulan adalah kondisi yang disebut dengan amenorea. Kondisi ini tidak selalu disebabkan oleh kehamilan terlebih jika sudah dilakukan pemeriksaan testpack dan hasilnya negatif. Amenorea sendiri bisa berkaitan atau disebabkan oleh beberapa kondisi lain seperti diantaranya:
  • Kondisi hormon yang terganggu
  • Efek samping penggunaan KB sebelumnya
  • Penurunan berat badan yang drastis
  • Efek penggunaan obat-obatan
  • Mengalami stres
  • Masalah di organ reproduksi seperti misalnya PCOS
  • Masalah kesehatan lain seperti gangguan tiroid

Cara memastikan penyebab tidak menstruasi setelah berhenti KB

Apabila sudah tidak menstruasi selama lebih dari 3 bulan dan didapatkan hasil testpack negatif, maka perlu dipastikan dengan pemeriksaan USG apakah ada kehamilan atau memang efek samping dari KB suntik 3 bulan sebelumnya. Apabila sudah lepas KB dari april, memang ada kemungkinan terjadi kehamilan tetapi tanda awal yang bisa terjadi adalah didapatkan hasil testpack yang positif.Untuk keluhan atau gejala mirip gejala hamil sendiri tidak selalu pasti karena kehamilan karena bisa juga disebabkan oleh perubahan hormonal menjelang haid ataupun masalah pencernaan yang juga bisa membuat badan tidak nyaman, mual, dan gejala lainnya yang mirip gejala hamil. Jadi periksakan diri pada dokter spesialis kandungan untuk dipastikan apa penyebab kondisinya dan diberikan penanganan yang tepat. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
siklus haidtes kehamilankontrasepsigangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil