18 Jun 2021, 05:26Kandungan

Bagaimana cara memastikan kehamilan?

NA
Info Penanya: NA0
Selamat pagi, saya mau tanya. Saya telat haid 3 hari setelah saya to hasil positif jelas, kemudian setelah telat 1minggu saya periksakan ke bidan saya dinyatakan hamil oleh bidan, tapi setelah hari ke 10 saya mengeluarkan darah seperti haid tapi volumenya lebih sedikit, kemudian saya periksa kedokter kata dokter rahim saya membesar tapi kantung kehamilan blum kelihatan, apakah saya kemungkinan hamil atau tidak ya, ? Terimakasih
75 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Pany
(0)
Selamat malam NAKehamilan merupakan kabar yang ditunggu-tunggu oleh pasangan sauami istri yang sudah tidak sabar menantikan buah hati mereka. Haid yang terlambat dapat menjadi ciri-ciri dari kehamilan dan diperkuat dengan hasil test pack positif.

Memastikan Kehamilan

Adanya darah yang keluar seperti darah haid dengan jumlah sedikit merupakan bercak implantasi yang menjadi tanda perlekatan bakal janin pada dinding rahim untuk kemudian berkembang. Bercak implantasi ini bisa berlangsung 1-3 hari. Yang perlu anda waspadai adalah apabila bercak darah berjumlah banyak dan terus-menerus disertai nyeri perut bawah hebat.Untuk memastikan benar adanya kehamilan adalah dengan menemukan janin di dalam kantung kehamilan di dalam rahim pada hasil pemeriksaan USG. Pada pemeriksaan USG pada minggu-minggu awal kehamilan hanya didapatkan penebalan dinding rahim, rahim yang membesar atau hanya ditemukan kantung kehamilan merupakan hal yang wajar karena pada dasarnya janin dalam kantung kehamilan baru bisa terlihat pada usia 8-11 minggu kehamilan.

Menjaga Kesehatan Ibu Hamil

Sembari menunggu pemeriksaan selanjutnya ke dokter kandungan, maka anda bisa menjaga kesehatan kandungan dengan berbagai langkah. Langkah-langkah tersebut adalah:
  • Perbanyak konsumsi makanan bergizi seperti daging, salmon, telur, produk susu, seafood, kacang-kacangan, biji-bijian, buah-buahan dan sayuran
  • Minum air putih cukup
  • Minum suplemen kehamilan terutama asam folat secara rutin
  • Hindari beraktivitas terlalu berat dan stres
  • Olahraga ringan secara rutin dan istirahat cukup
  • Hindari makanan kemasan, instan, berpengawet atau tercemar bahan kimia dan pemanis buatan
  • Tidak mengkonsumsi obat tanpa anjuran dokter
Semoga bermanfaat Salam sehatdr. Pany
menjaga kehamilankehamilantes kehamilanflek darahusg
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil