30 May 2021, 21:27Kandungan

Apakah keguguran yang tidak di kuret akan berbahaya?

MS
Info Penanya: MS0
malam dok,sy mau nanya. ,sy terakhir haid kan 18/4/21 trs pas tgl 18/5/21 sy telat,pas sy test pack ternyata garis 2 tapi samar sampe 3x sy cek sama, trs sy coba cek ke dokter katanya sy hamil sudah masuk 1bulan,tapi pas tgl 28/5/21 sy keluar darah pas sy cek ke bidan sy keguguran,,tapi sy gak di kiret dok..pertanyaan sy apakah berbahaya kalo misalkan gk di kiret dok,karna biayanya blm ada,atau sy harus gimana dokter mohon solusinya dok...sy takut darah nya tidak bersih dok.makasih..
56 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Evelin Kwandang
(0)
Halo M,Keguguran adalah luruhnya janin saat usia kandungan kurang dari 20 minggu. Keguguran dapat ditandai adanya perdarahan hebat, flek lama, kram perut hebat, dan keluarnya gumpalan-gumpalan darah. Jika Anda mnegalami keguguran, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memeriksakan diri dengan pemeriksaan penunjang yaitu USG. Selama tidak di USG tidak akan dapat di diagnosa apakah saat terjadi perdarahan yang sudah keluar adalah seluruh isi rahim, sebagian isi rahim dan termasuk janin, atau hanya sebagian dari plasenta yang artinya janin masih berada dalam rahim.

Pentingnya kuretase

Jika ditemukan masih ada kantung kehamilan yang utuh, artinya kehamilan masih dapat dipertahankan dengan konsumsi obat penguat rahim, setelah 1 bulan konsumsi obat barulah dilakukan USG ulangan. USG kedua inilah yang nantinya menentukan apakah kantung kehamilan tersebut berkembang atau tidak. Jika tidak berkembang namun juga tidak keluar di perdarahan sebelumnya artinya Anda wajib melakukan kuret.Jaringan sisa kehamilan yang berada dalam rahim namun tidak berkembang, dapat membusuk dan menyebabkan infeksi dalam rahim. Kejadian ini sangat berbahaya karena dapat menyebabkan penyebaran infeksi keseluruh tubuh, bahkan menyebabkan kemandulan.. Karena hal inilah, penting untuk melakukan USG dan kuretase di dokter kandungan. Jika terkendala biaya, gunakan BPJS.Salam sehat
dr. Evelin Kwandang
menjaga kehamilankeguguranperdarahan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil