21 Mar 2021, 17:53Kandungan

Apakah haid setelah berhubungan intim bisa hamil ?

RK
Info Penanya: RK0
Begini dok,, setelah saya berhubungan intim besok nya pasangan saya haid,tapi lusa haid tidak kluar lagi,,apakah itu bisa jadi kehamilan dok?
191 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat pagi, R.Ketika pasangan melakukan hubungan intim untuk memuaskan kebutuhan biologis akan menimbulkan rasa cemas jika terjadi kehamilan. Hal ini banyak dirasakan oleh pasangan muda tanpa ikatan pernikahan, atau pasangan yang telah menikah namun usia masih terlalu muda untuk memiliki anak, sudah memiliki banyak anak, anak yang ada masih terlalu kecil sehingga ingin menunda kehamilan terlebih dahulu.

Apakah haid setelah berhubungan intim bisa hamil ?

Saat berhubungan intim, terutama tanpa menggunakan kondom sebagai pengaman dan alat kontrasepsi lain, maka kehamilan dapat terjadi. Sperma yang masuk ke vagina mampu bertahan hingga 5 hari dan membuahi sel telur. Walau pasangan Anda mengalami menstruasi sehari setelah Anda berhubungan intim, namun kemudian berhenti, sperma yang tidak ikut terbawa darah haid masih dapat menyebabkan kehamilan walau kemungkinan menjadi jauh lebih kecil.

Apakah perdarahan setelah berhubungan adalah proses menstruasi ?

Perdarahan yang pasangan Anda alami setelah berhubungan intim juga bukan hanya akibat menstruasi namun bisa karena sebab lain yaitu :
  • Luka lecet pada vagina setelah berhubungan intim.
  • Penggunaan IUD atau KB hormon.
  • Infeksi di serviks.
  • Infeksi saluran kemih.
  • Premesntrual syndrome.
Jika setelah berhubungan intim pasangan Anda tidak kunjung haid, mengalami keluhan sebagai tanda hamil seperti mual muntah di pagi hari, lakukan test pack dan USG di dokter kandungan.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
menstruasites kehamilanmerencanakan kehamilan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil