Ejakulasi dilakukan diluar vagina, apakah bisa hamil?

SA Info Penanya: SA, Pria, 34 Tahun
Selamat siang dok..! Apakah ketika ejakulasi d luar daerah vagina bisa membuat kehamilan , pasalnya ketika saya mengalami ejakulasi hanya mengenai tangan pasangan saya dok, kemudian d elap dengan kain, namun setelah beberap menit 3-4 menit pasangan saya memegang daerah vaginanya hal tersebut apakah bisa terjadi kehamilan dok..? Terima Kasih dok mohon d jawab
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, SA

Terima kasih atas pertanyaan Anda. 

Hampir setiap pasangan suami istri menginkan kehamilan. Untuk membatu berhasilnya program hamil dapat dilakuukan hubungan seksual pada saat wanita mengalami masa subur. Untuk mengetahui masa subur dari wanita, maka harus diketahui terlebih dahulu siklus menstruasi wanita tersebut.

Selain dilakukan hubungan seksual pada saat wanita sedang dalam masa subur, perlunya ejakulasi diilakukan oleh pria di dalam vagina adalah untuk mempermudah sel terlur bertemu dengan sel sperma dari pria.

Terkait dengan pertanyaan Anda, kemungkinan untuk terjadinya kehamilan sangatlah kecil. Namun, bukan berarti tidak bisa. Sebaiknya, bila pasangan Anda terlambat haid, bisa dilakukan tes kehamilan, jika hasilnya negatif bisa dilakukan tes ulang dengan jeda 7 hari kemudian. Periksakan Pasangan Anda untuk melakukan pemeriksaan USG kehamilan dan juga pemeriksaan fisik oleh dokter spesialis kandungan terdekat untuk memastikannya.

Tetap makan makanan yang bergizi seimbang, hindari bergonta-ganti pasangan seksual, gunakan alat kontrasepsi jika ingin menunda kehamilan, perbanyak konsumsi sayur dan buah-buahan, jaga kebersihan diri dan juga lingkungan sekitar, cukupi kebutuhan cairan harian Anda serta lakukan olahraga ringan agar badan tetap sehat.

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kekurangan elektrolit saat hamil muda dapat menyebabkan mual dan muntah

Hamil Muda? Awasi 7 Masalah Trimester Pertama Kehamilan Ini!

Saat hamil muda, berbagai permasalahan yang dapat muncul adalah perdarahan dan gatal di vagina, mual dan muntah, demam tinggi, sakit saat kencing, hingga sakit kepala.