Perdarahan saat kehamilan muda apa artinya?

R Info Penanya: R
Malam Dok, saya mau nanya. Sy biasany haid tgl 5 may, tp sudah lewat tanggal saya telat. Saat tespack tgl 9 may, saya positif Hamil. Lalu Karena merasa belum yakin, sy Coba tespack lagi Dan hasilny positif dg garis agak samar. Saya cek USG, belum keliatan Sama sekali. Lalu, besoknya sekitar 6 hari, Keluar flek. Sy kontrol ulang, Dan dikasih obat penguat. Namun sy tetap keluar darah seperti haid. Apakah ini normal Karena kehamilan? Tq
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang R,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Penyebab umum perdarahan saat hamil muda adalah proses pelekatan sel telur yang telah dibuahi pada dinding rahim, yang dikenal sebagai perdarahan impalntasi. Hal ini tampak sebagai bercak darah atau perdarahan ringan selama beberapa jam atau hari, tapi tidak selama dan sebanyak menstruasi.

Perdarahan yang terjadi terus terjadi dan berlangsug lama, harus di waspadai. Dan juga bila terjadi rasa kram atau rasa sakit di bawah perut. Dan perdarahan disertai jaringan dari vagina perlu di waspadai. Jika terus berlanjut sebaiknya konsultasikan lebih lanjut ke dokter spesialis kandungan.

Untuk mengatasi keluhan yang Anda alami, Anda dapat melakukan beberapa cara di bawah ini :

  • Bed rest, minimalkan waktu berdiri dan berjalan.
  • Hindari berhubungan seks selama perdarahan berlangsung.
  • Pakai pembalut agar lebih mudah menghitung seberapa banyak perdarahan yang terjadi.
  • Perhatikan warna dari darah yang keluar, misalnya merah muda, merah kecokelatan, merah terang, dan lain-lain.
  • Konsumsi makanan bergizi perbanyak sayur dan buah.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh TS
16 May 2020, 00:14
Slmt pagi dok.Sy haid trakhir tanggal 11-16 apr dan melakukan hbgn haid tgl5aprl dan sesudah haid tgl19aprl sllu keluar diluar krn blm ingin program.Nah bln ini sampai skrg tgl 15 mei sy blm haid, tp sdh menunjukkan gejala akn haid sprt perut kram, pinggangsakit dan mood swing.-Knp sy telat? Apakah krna faktor puasa sehingga pola dan menu mkn berubah-Apakah sy ada kemungkinan hamil?(saya tidak menggalami morningsickness)-Tgl brp saya harus testpack jika ingin tau hamil atau tdk?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
16 May 2020, 11:18
Selamat siang TS,
Lakukan testpack seminggu setelah terlambat haid ya. Ada kemungkinan hamil walau ejakulasi di luar, karena cairan pre ejakulasi juga mengandung sperma.
Jika negatif, bisa karena faktor lain seperti kelalahan, stres, perubahan berat badan, PCOS, dan lainnya. Anda bisa berkonsultasi ke dokter kandungan untuk pemeriksaan lebih lanjut. Terima kasih.
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Puasa untuk ibu hamil masih merupakan suatu kontroversi

Puasa untuk Ibu Hamil, Bolehkah?

Berbagai macam alasan dapat menjadi dasar keputusan berpuasa untuk ibu hamil. Puasa untuk ibu hamil sebenarnya masih sebuah perdebatan yang belum mencapai suatu kesimpulan mutlak, tetapi bagi bumil yang ingin berpuasa, sebaiknya tetap minum air saat berpuasa. Apakah baik bagi ibu hamil untuk berpuasa? Adakah efek samping yang dapat terjadi pada ibu dan janin? Temukan penjelasannya di sini.