Terlambat haid dengan berbagai gejala, apakah hamil ?

WW Info Penanya: WW
Halo Dok nama saya Winarti usia saya sekarang 26 tahun saya menikah 2017 ,Tanggal 30 Maret saya haid hanya 2 hari dan di bulan Mei saya blm jga haid dua Minggu yg lalu saya ada kram di perut tp hilang saya pikir saya akan haid ternyata tidak , dan saya ada mual jga muntah ,puting sebelah kanan jga sakit apakah saya bisa di katakan hamil dok ,terimakasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, WW.

Terlambat haid merupakan tanda tidak pasti dari kehamilan. Keadaan tersebut disebabkan oleh banyaknya faktor lain yang dapat mempengaruhi siklus haid dan memicu gangguan pada siklus haid. Faktor-faktor lain tersebut mengakibatkan ketidakseimbangan pada hormon pengatur siklus haid yang berdampak pada gangguan haid. 

Adapun faktor-faktor yang dapat memicu gangguan haid tersebut diantaranya adalah :

  • status gizi yang tidak normal baik terlalu kurus ataupun kegemukan
  • penggunaan obat tertentu seperti obat kontrasepsi hormonal dan lainnya
  • kelelahan
  • stres dan kondisi emosional lain yang tidak stabil
  • kondisi medis tertentu, salah satunya kehamilan
  • penyakit tertentu seperti kista ovarium, PCOS dan gangguan tiroid dan lain-lainnya

Menganai keluahan Anda, jika ada riwayat berhubungan intim dalam waktu dekat sebelum terjadinya keterlambatan haid, ada baiknya untuk melakuakan test pack untuk memastikan, karena gejala-gejala yang Anda alami masih mungkin berupa gejala pramenstrual sindrom yang disertai gejala gangguan pencernaan.

Akan tetapi, jika test pack menunjukan hasil yang negatif, mungkin salah satu faktor diatas merupakan penyebab dari keterlambatan haid pada Anda. Berikut terlampir artikel mengenai cara alami mengatasi gangguan haid sebagai informasi tambahan untuk Anda.

Jika haid tidak kunjung datang selama lebih dari dua bulan disertai gejala lainnya, periksakanlah diri Anda ke dokter Spesialis Kandungan.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ. Salam sehat, dr. Rahmita Dewi
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ketahui posisi tidur Ibu hamil muda yang tepat agar waktu tidur lebih berkualitas

Posisi Tidur Ibu Hamil Muda yang Tepat dan Nyaman

Kurang tidur dapat meningkatkan risiko preeklamsia dan tekanan darah tinggi pada ibu hamil. Beberapa posisi tidur ini sangat ideal bagi ibu hamil dan dapat meningkatkan kualitas tidur ibu hamil.