Apa bisa hamil bila hanya bergesekan?

RV Info Penanya: RV, Wanita, 28 Tahun
Dok saya mau nanya, jika kemaluan lelaki menempel dengan kemaluan wanita (penis tidak masuk ke vagina) tetapi melakukan beberapa gesekan. Saat diketahui si penis dan vagina basah. Pertanyaan saya adalah mungkin kah itu mani dari penis atau mani dari vagina? Dan apakah hal tersebut bisa menyebabkan kehamilan?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang RV,

Petting adalah aktivitas seksual dimana melakukan rangsangan seksual tanpa melakukan penetrasi penis ke dalam vagina.

Namun perlu diketahui selama penis bersentuhan dengan vagina dan keluar cairan praejakulasi, maka tetap ada kemungkinan untuk hamil, karena pada cairan praejakulasi tersebut sudah mengandung sperma meski dalam persentase kecil. Dan hanya diperlukan 1 sperma untuk terjadinya kehamilan dari jutaan sperma yang keluar saat ejakulasi.

Untuk terjadinya kehamilan semakin kecil bila :

  • Penis tidak penetrasi masuk ke dalam vagina.
  • Menggunakan kondom.
  • Berhubungan seksual di luar masa subur wanita.
  • Menggunakan KB.

Perihal area kelamin yang basah bisa disebabkan oleh cairan lubrikasi yang memang keluar saat vagina dirangsang atau cairan praejakulasi.

Sebaiknya Anda melakukan tes pack bila 7 hari terlambat haid, dan gunakan kondom atau KB bila memang ingin menunda kehamilan. Anda bisa memiliki KB suntik, pil KB, atau IUD untuk menunda kehamilan. Namun bila Anda belum menikah, sebaiknya hindari berhubungan seksual untuk mencegah infeksi menular seksual.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salah satu mitos kehamilan yang tidak dapat dipercaya adalah makan nanas dapat mengakibatkan keguguran

Bumil Jangan Percaya dengan 5 Mitos Kehamilan yang Tidak Terbukti Ini

Ada banyak mitos kehamilan yang tidak seharusnya dipercaya dan justru bagus jika dilakukan dengan benar, seperti mengonsumsi nanas secukupnya dan melakukan hubungan seksual saat hamil.