Flek yang terjadi karena efek Suntik KB atau tanda hamil?

SF Info Penanya: SF, Wanita
Dok saya mau tanya, tgl 9 Agtus saya suntik KB pertama yang 1 Bulan krna saya baru beres acara resepsi pernikahan paginya, nah malemnya skitar jam 8 mlm saya suntik KB trus gak lama kmudian jam 10 mlm saya lngsung brhubungan, nah hampir mau sebulan saya gak haid tapi sya sering melakukan hubungan suami istri, saat tgl 4 smpe tgl 5 September saya kluar bercak, apakah saya hamil? Atau pengaruh KB?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang SF,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Suntik KB merupakan salah satu alat kontrasepsi yang sering di gunakan. Suntik KB di Indonesia di bagi menjadi 2, yaitu suntik KB 1 bulan dan suntik KB 3 bulan. Keduanya sama-sama mengandung KB hormonal. Cara kerja dari KB Suntik ini adalah dengan membuat lendir menjadi lebih kental, sehingga jika ada sperma yang berusaha masuk akan terhalang. Dan membuat lapisan dinding rahim menjadi lebih tipis, sehingga jika ada sel telur yang berhasil di buahi akan kesulitan menempel pada rahim.

Berkaitan dengan keterangan yang Anda berikan, flek yang Anda alami bisa saja karena efek KB Suntik atau kehamilan. Sebaiknya lakukan pemeriksaan testpack untuk memastikannya. Jika negatif kemungkinan di sebabkan karena efek samping suntik KB.

Beberapa efek samping suntik KB yang mungkin timbul :

  • Mentruasi menjadi lebih panjang atau pendek, perdarahan atau tidak menstruasi sama sekali.
  • Berat badan bertambah
  • Muncul jerawat
  • Gairah seks menurun
  • Berisiko terjadi osteoporosis
  • Dan lain lain

Jika efek samping dari menstruasi di rasakan sangat menganggu, sebaiknya periksakan lebih lanjut ke dokter kandungan untuk mendapatkan pengobatan atau memilih KB yang sesuai dengan kondisi Anda.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kandungan vitamin C yang sangat tinggi pada apel membuatnya termasuk dalam daftar buah untuk kesuburan

Sedang Merencanakan Kehamilan? Coba Konsumsi Buah untuk Kesuburan Ini

Buah untuk kesuburan membantu menjaga kestabilan hormon dan kualitas organ reproduksi baik pada laki-laki maupun perempuan.