20 Oct 2021, 05:11Kandungan

Berhubungan setelah melahirkan, ada kemungkinan hamil?

M2
Info Penanya: M20
Maaf dok saya mau bertanya jika sehabis melahirkan dari jarak melahirkan 3 bln trus berhubungan besok kb itu bisa mencegah kehamilan gak dok apa kemungkinan bisa hamil??
117 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat siang, MTerima kasih atas pertanyaan AndaSetelah melahirkan biasanya wanita mengalami masa nifas yang terjadi sekitar 4 - 6 minggu setelah melahirkan. Setelah masa nifas berakhir dan bila siklus haid sudah kembali lancar dan teratur, baisanya wanita mulai bisa dikatakan subur kembali. Tetapi, jika haid masih belum teratur,maka masa subur belum bisa ditentukan. Terkait dengan apa yang Anda tanyakan, jika setelah melahirkan dan usai masa nifas melakukan hubungan seksual tanpa menggunakan alat kontrasepsi dan dilakukan ejakulasi di dalam vagina, maka tetap ada peluang untuk terjadi kehamilan. Penggunaan alat kontrasepsi digunakan sebelum berhubungan dengan tujuan untuk mencegah pertemuan sperma dengan sel telur sehingga tidak terjadi pembuahan.

Menggunakan KB setelah berhubungan seksual

Apabila sudah terjadi pembuahan, maka penggunaan KB setelah berhubungan kurang efektif. Untuk itu, bila Anda berencana menggunakan KB setelah berhubungan pastikan Anda melakukan tes kehamilan terlebih dahulu untuk memastikan bahwa Anda tidak dalam kondisi hamil. Lakukanlah konsultasi dengan dokter spesialis kandungan terdekat terkait dengan pemakaian alat kontrasepsi yang sesaui dengan kondisi Anda.Semoga bermanfaat. Salam sehat, dr. Dwiana A Baca juga:Apa saja jenis KB yang bisa digunakan untuk menunda kehamilan?Suntik KB, apakah ada peluang terjadinya kehamilan?Telat haid setelah berhubungan, apakah boleh suntik KB?
hamilkehamilanpenggunaan kb
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil