05 Sep 2021, 12:53Kandungan

Cara penggunaan pil KB

JM
Info Penanya: JM0
Assalamualaikum dok... Dok saya seorang suami dan saya mau tanya... Tentang masalah pil KB. Apakah sebelum KB tidak boleh hubungan intim dulu? Harus KB dulu? Sedangkan mengeluarkan sepermanya di luar sebelum KB. Dan kalo mau pil KB harus nunggu menstruasi dulu istri saya bilang. Apakah benar begitu d ok? Mohon penjelannya dok. Sekian dan terimakasih.
137 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Aisyah Nur Ramadhani
(0)
Selamat Sore JM,Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.Pil KB merupakan salah satu alat kontrasepsi yang sering di gunakan di Indonesia. Pil KB terdiri atas pil KB kombinasi dan pil KB yang mengandung progestin. Pil KB kombinasi biasanya mengandung hormon esterogen dan progesteron. Pil KB kombinasi sebaiknya di minum setelah Anda haid agar langsung efektif dalam mencegah kehamilan. Pil KB terdiri atas pil KB 21 hari, 28 hari dan 91 hari.
  • Pil KB 21 hari terdiri atas 21 tablet, pil ini di minum selama 3 minggu dan saat haid datang pil ini tidak dikonsumsi namun setelah haid selesai barulah di konsumsi kembali.
  • Pil KB 28 hari terdiri atas 28 tablet, berisi 21 tablet pil kombinasi dan 7 tablet plasebo. Pil ini di konsumsi untuk 1 bulan. Pil KB plasebo diminum saat haid. Dan kemudian mengulang kembali saat setelah haid selesai.
  • Pil KB 91 hari terdiri dari 84 tablet pil kombinasi dan 7 plasebo. Pil ini di minum selama 3 bulan, untuk plasebonya di minum saat bulan terakhir.
Sedangkan pil yang mengandung progestin mengandung 28 tablet dan bisa di konsumsi saat periode haid kapan saja. Sehingga jika istri Anda belum mengkonsumsi pil KB boleh saja Anda berhubungan namun sebaiknya gunakan alat kontrasepsi tambahan seperti kondom untuk mencegah kehamilan, atau menggunakan metode senggama terputus (ejakulasi dilakukan di luar vagina). Jika Anda masih ada pertanyaan, sebaiknya konsultasikan lebih lanjut ke dokter kandungan atau lakukan konsultasi online chat ke dokter kandungan.Semoga bermanfaat,Salam sehat,dr. Aisyah
penggunaan kbmerencanakan kehamilankontrasepsi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil