16 Jan 2021, 21:02Kandungan

Apakah boleh ganti KB dari suntik ke pil walau belum haid ?

AS
Info Penanya: AS, Wanita, 30 Tahun
Halo dok saya lepas suntik kb dah 3bln bln pertama saya haid tp smpe skrng saya blm haid apa ith normal dok dn apa blh saya pindah pake pil kb sblm daid
386 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Hallo, A.Setiap wanita atau laki-laki yang belum siap untuk memiliki keturunan atau hamil lagi dimana sebelumnya masih memiliki anak yang berusia kecil, masih ingin menikmati masa-masa berdua dengan istri, atau karena ibu trauma terhadap persalinan dan kehamilan sebelumnya.Cara yang dapat dilkukan dnegan mudah dan efektif dalam mencegah kehamilan adalah dengan meggunakan alat kontrasepsi dimana banyak pilihan yang ada, salah satunya KB suntik baik yang 1 bulan meagndunghormon progesteron dan 3 bulan megandung kombinasi hormon.

Apakah boleh ganti KB dari suntik ke pil walau belum haid ?

Pemakaian alat kontrasepsi menimbulkan efek yang berbeda-beda di setiap wanita. Ada wanita yang nyaman dengan KB tertentu dan ada pula yang tidak bisa menggunakan alat kontrasepsi tersebut. Efek KB yang dapat ditimbulkan oleh penggunaan alat kontrasepsi suntik adalah haid yang menjadi berantakan atau tidak teratur, sehingga masa subur seorang wanita sulit dinilai. Seorang wanita boleh mengganti KB suntik ke pil KB, asalkan sudah dapat dipastikan bahwa wanita tersebut dalam keadaan yang tidak hamil. Namun perlu diingat, pil KB memang dapat membuat haid seorang wanita menjadi teratur, memperbaiki atau mengurangi gejala PMS yang dirasakan, namun kesuburan cepat kemabli, maka jika seorang wanita lupa untuk meminum pil KB, maka kehamilan dapat terjadi.Jika keluhan tidak haid yag Anda alami terus berlanjut, terlebih ada gejala awal kehamilan yang Anda rasakan.Anda dapat ebrkonsultasi secara lagsung ke dokter spesilais kandungan. Jika Anda tidak hamil, Ada juga dapat berkonsultasi terhadap pemilihan alat kontrasepsi yang sesuai dan cocok untuk Anda gunakan.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
merencanakan kehamilankontrasepsigangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil