Tidak haid setelah stop KB, kenapa?

SB Info Penanya: SB, Wanita, 1 Tahun
Hallo dok.saya sudah 1thn KB suntik 3bulan,terus saya berhenti KB sudah 5bulan ini,tapi kenapa saya ngga halangan ya dok?sudah hampir 5bulan ini saya ngga mens dok,terima kasih dok🙏
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, SB.

Menstruasi atau haid adalah kondisi keluarnya darah melalui liang vagina, yang berasal dari luruhnya dinding rahim. Haid akan berlangsung secara teratur dengan rentang 21-35 hari, dan selama 3-8 hari, bervariasi setiap wanita. 

Kondisi haid yang tidak teratur bisa disebabkan karena beberapa kondisi, seperti misalnya kehamilan, penggunaan kontrasepsi hormonal, PCOS, gangguan tiroid, stres, ataupun berat badan yang berubah secara drastis. Semua kondisi ini membuat hormon normal dalam tubuh wanita berubah.

Terkait pertanyaan Anda, kemungkinan besar kondisi Anda disebabkan oleh riwayat penggunaan kontrasepsi hormonal. Saat menggunakan suntik, hormon tubuh Anda akan berubah, dan membutuhkan waktu untuk kembali seperti semula. Tetapi, tidak menutup hal ini disebabkan oleh kemungkinan-kemungkinan lain yang telah disampaikan di atas. Untuk itu, Anda juga bisa berkonsultasi kepada dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk mengetahui penyebab pastinya.

Anda juga bisa melakukan beberapa cara untuk menyeimbangkan hormon, yaitu konsumsi vitamin, mineral, dan protein yang cukup. Minum air putih yang cukup. Selain itu, berolahragalah secara rutin, dan kendalikan tingkat stres. 

Terima kasih, semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia V

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Spermisida bisa dibeli secara bebas dan tersedia dalam berbagai bentuk, termasuk gel

Spermisida, Si Metode Kontrasepsi yang Jarang Dikenal

Spermisida adalah metode kontrasepsi yang dapat menghentikan gerakan sperma. Anda perlu memasukkannya ke dalam vagina sebelum berhubungan intim guna mencegah kehamilan. Agar lebih efektif, alat kontrasepsi ini dapat digunakan bersamaan dengan kondom.