Melakukan hubungan saat haid, apakah bisa hamil?

DY Info Penanya: DY, Wanita, 20 Tahun
Dok sya melakukan kb saat menstruasi Dan saya melakukan kb 3bln, Dan lwat satu hari saya melakukan hubungan intim, dok bagaimna agar sya visa mengatasinya... Sya Sudan terlajur melakukan hubungan intim pads saat menstruasi
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, DY

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Terdapat beberapa jenis KB yang sering digunakan, diantaranya adalah kondom, Pil KB, Suntik KB, IUD, KB implan (susuk), dan lain sebagainya. Penggunaan KB ini biasanya berdasarkan tujuan serta kenyamanan masing-masing dari pasangan. 

Ada dua jenis suntik KB yaitu suntik KB 1 bulan (estrogen dan progesteron) dan suntik KB 3 bulan (progesteron). Beberapa kelebihan dari suntik KB adalah tidak perlu menghitung subur saat akan melakukan hubungan seksual, tidak perlu mengonsumsi pil setiap hari, bisa menjadi alternatif lain jika terdapat alergi, bisa bertahan 8-13 minggu (tergantung jenisnya).

Sedangkan, beberapa kekurangan dari suntik KB adalah:

  • Siklus haid tidak teratur, bahkan bisa berhenti
  • Berat badan naik, muncul jerawat
  • Nyeri kepala, kembung, nyeri pada payudara
  • Mood swing
  • Pada beberapa orang bisa timbul alergi

Penggunaan suntik KB bila dilakukan rutin sesuai jadwal, keefektifannya mencapai 99%. Terkait dengan pertanyaan Anda, sebaiknya tidak melakukan hubungan seksual pada saat menstruasi, hal ini dikhawatirkan adanya risiko infeksi. Bila Anda ragu-ragu, bisa melakukan tes kehamilan. 

Periksakan diri Anda ke dokter spesialis kandungan untuk dilakukan pemeriksaan USG bila keluhan dirasa tidak membaik.

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Makan sambal saat hamil tidak berbahaya bagi janin jika porsinya sedikit

Bolehkah Makan Sambal Saat Hamil?

Meskipun aman, makan sambal saat hamil adalah hal yang perlu menjadi perhatian ibu hamil. Pasalnya, hal ini lebih memengaruhi sang ibu daripada bayi yang dikandungnya.