12 Feb 2021, 00:14Kandungan

Berat badan menurun setelah suntik KB 3 bulan

FF
Info Penanya: FF0
Dok saya fitry . Saya mau bertanya Saya ini KB 3 Bulan sekali . Tp knp berat badan saya makin menurun ya yg tdi nya 55 smpe turun 46 . Bagaimana ya dok agarr bisa naik lagi . ?
5807 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Aisyah Nur Ramadhani
(0)
Selamat siang FF,Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.Suntik KB 3 bulan merupakan salah satu jeni kontrasepsi hormonal yang mengandung hormon progesteron. Secara umum kontrasepsi ini bekerja dengan cara mencegah terjadinya ovulasi, mengentalkan lendir serviks dan menjaga dinding rahim tetap ripis, sehingga jika ada sel telur akan menempel akan kesulitan.

Beberapa efek samping suntik KB yang sering muncul :

  • Menstruasi tidak teratur
  • Peningkatan berat badan
  • Gangguan hormonal seperti jerawat
  • Berisiko terkena osteoporosis
  • Sakit kepala
  • Sakit perut
Berkaitan dengan keluhan yang Anda berikan, sebaiknya di cari tahu penyebab pasti apakah penurunan berat badan Anda disebabkan karena ketidakcocokan suntik KB atau sebab lain seperti stres, gangguan hormonal atau sebab lainnya. Jika begitu sebaiknya lakukanlah konsultasi ke dokter spesialis kandungan melalui online chat, ataupun Anda bisa melakukan pemeriksaan dan konsultasi secara langsung dengan dokter spesialis kandungan terdekat dari lokasi Anda.

Beberapa cara untuk menaikan berat badan :

  • Konsumsi makanan bergizi perbanyak sayur dan buah usahakan untuk konsumsi makanan yang banyak mengandung karbohidrat
  • Istirahat cukup minimal 6-8 jam/hari
  • Manajemen stres dengan baik
  • Olahraga teratur minimal 3-4 kali/minggu
Semoga bermanfaat,Salam sehat,dr. Aisyah
penggunaan kbmerencanakan kehamilankontrasepsi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil