09 Nov 2021, 15:44Kandungan

Apakah hamil, bila terjadi terlambat menstruasi?

KA
Info Penanya: KA0
Dok..saya mau tnya. Saya kmren berhubngn sm psgn sya. Tgl 12 oktb..hbs dtg bln dpt 3 hri. Tp pas brhub sperma sling becek dan tabrakan..hbs itu gk lama. D cbut truh luar. Hbs itu gk lma lg. Berhub lg. Sm sm tabrakn sperma..sm sm becek. Dantrs sya blm dtg bln jg smpe saat ini..lah sya. Td bab kluar drah..kira kira kyak gtu knp ya dok. Apa kh sya hmil.atau gk..
98 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lizsa Oktavyanti
(0)
Selamat malam, KKhamilan terjadi bila satu sel sperma bertemui dengan sel telur, yang kemudian dibuahi, dan menempel pada dinding rahim untuk berkembang sampai waktunya melahirkan. Sedangkan siklus menstruasi yang normal berkisar antara 21 hingga 35 hari. Akan wajar bila mentruasi tidak datang pada tanggal yang sama setiap bulannya, biasanya dapat maju atau mundur hingga 7 hari. Dikatakan siklus menstruasi terlambat, bila mengalami keterlambatan lebih dari 7 hari.Anda melakukan hubungan intim stelah menstruasi, harus diketahui terlebih dahulu kapan tepatnya HPHT atau hari pertama menstruasi anda. Bila anda mengalami keterlambatan menstruasi, tunggu hingga lebih dari 7 hari, baru sebaiknya anda melakukan testpack untuk mengetahui kehamilan. Ketika anda buang air besar keluar darah, harus dipastikan apakah darah keluar dari lubang anus anda atau dari lubang vagina anda, dan bagaimana karakteristik darah yang keluar, apakah darah segar atau darah berwarna kecoklatan. Kemungkinan penyebabnya :
  • Ambeyen atau haemoroid,
  • Menjelang menstruasi,
  • Kehamilan, pada awal kehamilan mungkin saja terjadi flek atau perdarahan ringan karena serviks dan vagina menjadi lebih sensitif akibat perubahan hormon.
Sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter kandungan untuk memastikan penyebab keluhan yang anda alami. Sementara itu, anda dapat melakukan beberapa hal untuk meringankan gejalanya, dengan :
  • Cukup tidur dan beristirahat,
  • Perbanyak minum,
  • Makan makanan dengan gizi tinggi, seperti sayur, buah dan sumber protein,
  • Hindari pekerjaan berat dan melelahkan,
  • Kelola stres,
  • Hindari merokok dan minuman beralkohol.
Anda juga bisa membaca forum terkait dengan terlambat menstruasi :Semoga membantu.Salam sehat,dr. Lizsa
kesehatan kandungankesehatan wanitaorgan intim wanita
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil