16 Mar 2021, 21:44Kandungan

Apakah menstruasi setelah berhubungan seksual masih dapat hamil ?

RP
Info Penanya: RP0
Hi dok, saya ingin bertanya, saya waktu itu berhubungan badan dengan istri saya namun selang satu hari istri saya mens, namun hanya satu hari dok, apakah masih bisa hamil...
237 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat pagi, R.Rasa takut terjadi kehamilan dapat dialami pasangan yang melalukan hubungan seksual tanpa menggunakan alat kontrasepsi baik sudah melakukan pernikahan dengan kondisi anak terlalu banyak, anak masih berusia kecil, pasangan ingin menunda mempunyai momongan maupun hubungan seksual yang dilkukan anak muda saat pacaran tetapi ingin memuaskan nafsu seksual dengan cara yang salah.

Apakah menstruasi setelah berhubungan seksual masih dapat hamil ?

Menstruasi setelah berhubungan seksual merupakan tanda bahwa kehamilan tidak terjadi karena peluruhan dinding rahim beserta sel telur yang gagal dibauhi oleh sperma. Namun jika perdarahan setelah berhubungan seksual bukan merupakan proses menstruasi misalnya hanya 1 hari seperti yang istri Anda alami, dapat disebabkan luka lecet pada vagina saat berhubungan seksual, infeksi pada rahim, gangguan hormon esterogen dan progesteron, dimana saat Anda berhubungan seksual tepat ovulasi sedang berlangsung dan terjadi pembuahan, maka kehamilan dapat saja terbentuk.Untuk mengetahui dengan pasti, Anda dapat menunggu periode haid di bulan selanjutnya, jika terjadi telat menstruasi, diikuti tanda awal kehamilan yang sering dirasakan seperti mual muntah hebat pagi hari, maka lakukan pemeriksaan test pack menggunakan urin. Anda juga dapat memastikan kehamilan dengan lebih akurat menggunakan pemeriksaan USG di dokter spesialis kandungan.Jika kehamilan belum terbentuk dan Anda ingin menunda momongan, maka segera gunakan alat kontarsepsi yang nyaman untuk hubungan Anda bersama pasangan.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
tes kehamilanmerencanakan kehamilankontrasepsi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil