Apa terinfeksi HIV?

LS Info Penanya: LS, Pria, 1 Tahun
dok saya pasien gonore yg telah sembuh, tpi saluran kemih saya masih terasa gatal saat buar air kecil atau tidak, terus di dampingi beberapa sperti bintik² merah di perut dan tangan, terus kadang² nyeri otot kaki, pertanyaan saya apakah besar resiko saya terinfeksi hiv? terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang LS,

HIV AIDS adalah salah satu penyakit menular yang sangat berbahaya akibat pola hidup yang tidak benar seperti memakai narkoba secara bergantian, melakukan hubungan seksual dengan berganti-ganti pasangan seksual, bergantian menggunakan jarum saat proses mentato tubuh, dll.

Gejala-gejala HIV AIDS:

  • Sering demam tinggi tanpa sebab yang jelas.
  • Penurunan berat badan.
  • Sering diare.
  • Banyak sariawan di rongga mulut hingga kesulitan untuk makan.
  • Badan lemas.

Namun sayangnya gejala-gejala tersebut muncul beberapa bulan hingga beberapa tahun setelah terinfeksi HIV tergantung dari daya tahan tubuhnya masing-masing orang.

Perihal kelamin yang terasa gatal, merah-merah di badan bisa disebabkan oleh infeksi jamur, gigitan kutu, dermatitis, dll. Diperlukan pemeriksaan lebih lanjut untuk memastikannya, setidaknya butuh dilihat secara langsung. Karena lesi kulit seringkali mirip-mirip meski penyebabnya berbeda.

Yang dapat Anda lakukan untuk sementara waktu adalah jaga kebersihan kelamin, rutin mengganti celana dalam, oleskan bedak salisil untuk mengurangi rasa gatalnya. Tapi sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke dokter kulit dan kelamin agar bisa ditangani dengan tepat.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kekerasan seksual tidak hanya pemerkosaan, kenali lebih lanjut tentang batasan-batasannya disini

Kekerasan Seksual: Jenis, Dampak, dan Pencegahan yang Bisa Dilakukan

Kekerasan seksual bukan hanya perkosaan. Menyebar foto telanjang, memaksa istri atau suami untuk berhubungan seksual hingga paksaan untuk melakukan aborsi juga masuk ke dalamnya. Kekerasan seksual juga bisa dilakukan oleh siapapun termasuk pasangan, saudara, atau teman.